kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,12   -12,06   -1.36%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transcoal Pacific (TCPI) Siapkan Capex Hingga Rp 1,5 Triliun pada 2024


Kamis, 18 April 2024 / 15:24 WIB
Transcoal Pacific (TCPI) Siapkan Capex Hingga Rp 1,5 Triliun pada 2024
ILUSTRASI. Armada kapal tunda PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI). Transcoal Pacific (TCPI) Siapkan Capex Hingga Rp 1,5 Triliun pada 2024


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tahun ini, PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) emiten penyedia jasa sewa kapal dan jasa angkutan barang mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 1,5 triliun. 

Corporate Secretary Transcoal Pacific Anton Ramada menyebutkan dana capex ini akan dialokasikan perseroan untuk penambahan armada kapal dan docking atau proses memindahkan kapal dari air/laut ke atas dock. 

“Tahun ini, Perseroan menganggarkan capex tahun 2024 sebesar Rp 1,5 triliun. Dan alokasi capex adalah untuk penambahan armada kapal dan docking,” ungkap Anton kepada Kontan, Rabu (17/04).

Baca Juga: Transcoal Pacific (TCPI) Beli 1 Unit Kapal Mother Vessel Senilai US$ 14,8 Juta

Untuk diketahui, di awal tahun 2024, TCPI telah menambah jumlah armada baru miliknya. Melalui anak usahanya, yakni PT Karya Samudera Insani (KSI), TCPI membeli 1 unit kapal dengan jenis mother vessel bulk carrier

PT Karya Samudra Insani telah meneken memorandum of agreement (MOA) dengan salah satu Perusahaan yang berdomisili di Republik Panama untuk pembelian satu unit mother vessel bulk carrier senilai US$ 14,8 juta.

 

Nilai ini tidak lebih dari 20% ekuitas TCPI, sehingga pembelian ini tidak termasuk transaksi material. Pihak TCPI juga menambahkan sumber pendanaan untuk pembelian adalah 80% berasal dari salah satu bank milik pemerintah, dan sisanya berasal dari keuangan internal. 

Saat ditanya apakah TCPI ada rencana kembali menambah armada di tahun ini, Anton mengatakan perseroan akan kembali melakukan penambahan armada memasuki kuartal ke-2 tahun ini. 

Baca Juga: Cek Rekomendasi Teknikal Saham PTBA, TCPI, dan BRIS untuk Selasa (9/1)

“Perseroan berencana untuk melakukan penambahan kapal milik sendiri jenis Mother Vessel, Pusher Tug & Barge, serta Tug & Barge,” katanya. 

Kemudian untuk pengguna jasa angkutan Perseroan, hingga saat ini konsumen TCPI mayoritas masih berasal dari perusahaan-perusahaan batubara.  

“Sampai saat ini mayoritas kargo angkutan Perseroan adalah batubara sebesar 97%, dan untuk  jenis kargo lainnya adalah sebesar 3%,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×