kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tren live shopping di Tokopedia Play selama Ramadan meningkat hingga 8 kali lipat


Sabtu, 22 Mei 2021 / 07:51 WIB
Tren live shopping di Tokopedia Play selama Ramadan meningkat hingga 8 kali lipat
ILUSTRASI. Transaksi selama bulan Ramadan di Tokopedia naik 8 kali lipat


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tokopedia mencatatkan peningkatan tren transaksi belanja online dan donasi sepanjang Ramadan 2021. Selain itu, tren live shopping melalui kanal video streaming Tokopedia Play juga mengalami lonjakan signifikan.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan, jumlah penonton kanal video streaming Tokopedia Play naik hingga enam kali lipat selama Daily Ngabuburit Serba Rp 20.000 yang disiarkan sepanjang Ramadan 2021.

Secara umum, ada peningkatan lebih dari tujuh kali lipat pada total views di Tokopedia Play selama bulan Ramadan. 

"Hal-hal ini turut mendorong peningkatan jumlah transaksi penjual di Tokopedia yang hampir 100%-nya UMKM, hingga lebih dari delapan kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya," sebut Ekhel dalam keterangan tertulis yang disampaikan kepada Kontan.co.id, Jumat (21/5).

Dia menambahkan, kategori kecantikan, makanan dan minuman, handphone dan tablet, serta buku menjadi beberapa kategori yang paling diminati masyarakat di Tokopedia Play selama mengikuti Daily Ngabuburit Serba Rp 20.000. Menurut Ekhel, berbagai kenaikan tersebut didorong oleh sederet nilai tambah yang dihadirkan Tokopedia.

Baca Juga: Gojek dan Tokopedia merger jadi GoTo, Ini respon Nadiem Makarim

Salah satunya kemudahan dalam berbelanja berbagai kebutuhan dengan harga terjangkau pada kampanye Daily Ngabuburit Serba Rp 20.000. Mulai dari fesyen, kecantikan, kebutuhan rumah tangga, peralatan olahraga, kendaraan motor hingga emas. 

Selain itu, para penjual kini sudah bisa menghasilkan karya video secara mandiri dengan memanfaatkan fitur Live dan Video on Demand (VOD) di Tokopedia Play. Masyarakat juga bisa menikmati pengalaman browsing video serta melihat pilihan produk lebih mudah karena langsung ditampilkan pada live room Tokopedia Play.

Menurut Ekhel, adanya fitur Picture in Picture (PIP) di Tokopedia Play juga mendorong naiknya jumlah penonton. Lewat fitur ini, masyarakat bisa menonton konten video kreatif di Tokopedia Play sambil berbelanja.

"Tokopedia Play menjadi upaya Tokopedia dalam berinovasi di tengah era cosial-commerce era dimana masyarakat berbelanja sambil mencari inspirasi atau sebaliknya, agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat," pungkas Ekhel.

Selanjutnya: Pemerintah dan DPR akan kejar pajak penghasilan Netflix, Spotify, hingga Zoom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×