kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,88   8,28   0.92%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Upaya Industri Semen Indonesia Terus Bertransformasi Menuju Keberlanjutan


Selasa, 02 Juli 2024 / 10:36 WIB
Upaya Industri Semen Indonesia Terus Bertransformasi Menuju Keberlanjutan
ILUSTRASI. Aktivitas pekerja PT Semen Indonesia (SIG) di Pabrik Rembang, Jawa Tengah.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri semen Indonesia terus bertransformasi menuju keberlanjutan dengan komitmen mencapai emisi nol bersih (Net Zero Emission/NZE) pada tahun 2050. Langkah ini mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan di tengah tantangan global.

Sebagai salah satu industri penting, sektor semen menunjukkan kekuatan dan peran signifikan dalam ekonomi nasional. 

Dengan 16 produsen semen terintegrasi dan kapasitas produksi mencapai 120 juta ton per tahun (Mta), Indonesia merupakan produsen semen terbesar di Asia Tenggara. Tingginya konsumsi semen di Indonesia mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang stabil.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham Semen Indonesia (SMGR) Usai Akuisisi Saham PT KLN

Direktur Industri Semen, Keramik, dan Pengolahan Bahan Galian Nonlogam Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Nadi Astuti mengatakan, produsen semen Indonesia terus melakukan perbaikan berkelanjutan untuk menciptakan iklim usaha kondusif dan meningkatkan daya saing di pasar regional dan global.

Pada acara Cemtech Asia 2024, program keberlanjutan yang diinisiasi oleh produsen semen Indonesia mencakup dekarbonisasi industri dan produksi semen ramah lingkungan untuk mencapai NZE. 

“Untuk dekarbonisasi industri semen, kami sedang mengembangkan peta jalan dekarbonisasi industri semen Indonesia untuk mencapai NZE pada tahun 2050,” ujar Putu dalam siaran pers di situs Kemenperin, Senin (1/7).

Strategi pemantauan aksi mitigasi emisi karbon di industri semen bertujuan memberikan rencana aksi dan target dekarbonisasi hingga 2050 yang kuantitatif dan terukur. 

Baca Juga: SIG Lakukan Ekspansi di IKN dengan Kepemilikan 20,9% Saham PT Karya LogistikNusantara

Fokus strategisnya meliputi penurunan rasio klinker terhadap semen, peralihan ke bahan bakar alternatif, efisiensi energi, pengembangan teknologi inovatif, dan kebijakan pemerintah yang mendukung program-program tersebut.

Untuk memperkuat legalitas peta jalan dekarbonisasi industri semen nasional, Kemenperin berencana meningkatkan peta jalan tersebut menjadi Peraturan Menteri. 

"Selanjutnya, Peraturan Menteri dapat menjadi landasan bagi produsen semen di Indonesia untuk mengembangkan roadmap dekarbonisasi masing-masing,” jelas Putu.

Baca Juga: Pajak Karbon Ancam Kinerja Ekspor

Cemtech Asia 2024 yang didukung oleh Asosiasi Semen Indonesia (ASI) menegaskan bahwa industri semen Indonesia tidak hanya menjadi pilar ekonomi nasional, tetapi juga pelopor inisiatif keberlanjutan menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Selanjutnya: Masih Investor Pemula? Ini 3 Hal yang Harus Dilakukan Menurut Robert Kiyosaki

Menarik Dibaca: Promo Alfamart Gantung sampai 3 Juli 2024, Minuman hingga Camilan Beli 2 Lebih Hemat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×