Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. Usana Health Science yang merupakan perusahaan nutrisi global asal Amerika Serikat berencana membuka kantor cabang di Indonesia. Langkah tersebut menandai ekspansi Usana secara global di mana Indonesia menjadi pasar ke-20 Usana di luar AS.
Kantor cabang di Indonesia ini rencannya mulai beroperasi akhir tahun 2015 dan akan bertempat di kawasan Jakarta Central Business District. Kantor tersebut disiapkan untuk menjadi kantor untuk para karyawan, pusat pengiriman barang (will-call center), area pertemuan distributor, dan beberapa ruang pertemuan besar. Usana sendiri rencananya akan memperkenalkan produk andalannya di Indonesia yaitu Essentials dan berbagai layanan bernilai tambah lainnya.
Usana memiliki alasan khusus untuk melakukan ekspansi di Indonesia. Negara ini dipilih sebagai tempat pembukaan kantor cabang baru Usana karena Indonesia memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi terpesat kelima di dunia. Indonesia juga memiliki wilayah geografis yang cukup luas yang secara total tercatat memiliki sekitar 17.000 pulau.
Selain itu, tidak sedikit warga negara Indonesia yang tersebar di negara-negara tetangga seperti Australia, Selandia Baru, Singapura, Filipina, dan Malayasia. Hal tersebut yang membuat Indonesia menjadi tempat yang ideal untuk Usana melakukan ekspansi.
Wakil Direktur Eksekutif USANA kawasan Asia Pasifik, David Mulham mengatakan, sebelum memutuskan untuk berekspansi ke pasar baru, Usana telah berantisipasi terhadap segala sesuatu terlebih dahulu. "Dari semua negara yang kami survei, sejauh ini Indonesia adalah negara dengan permintaan paling banyak,"ujar David pada akhir pekan lalu.
Berdasarkan data Usana, Indonesia sendiri telah berhasil masuk menjadi daftar direct selling's billion dollar market pada 2011 lalu dengan total penjualan mencapai US$ 1 mliar dan mengalami pertumbuhan 10% dari total penjualan statistik 2010. Di samping itu, Usana juga memperkirakan ada sekitar 8.3 juta penduduk yang merupakan penjual langsung.
Ditambah dengan jumlah penduduk yang menempati peringkat ke-empat penduduk terpadat di dunia. Selain itu, Indonesia juga diprediksi akan memiliki tingkat pertumbuhan golongan kelas menengah hingga dua kali lipat dalam lima tahun ke depan.
Dengan berbagai faktor tersebut, CEO Usana, Dave Wentz bilang Indonesia menjadi pasar yang sangat penting bagi pertumbuhan dan kesuksesan strategi jangka panjang Usana di masa yang akan datang.
Sekadar catatan, Usana Health Sciences merupakan perusahaan nutrisi asal Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1992. Perusahaan ini memproduksi suplemen, produk perawatan pribadi dan produk energi berkualitas tinggi di fasilitas berstandar FDA (BPOM setempat) yang terletak di Salt Lake City.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News