kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Usung visi pengiriman instan & same day, Rara Delivery dapat pendanaan US$ 3,25 juta


Rabu, 18 Agustus 2021 / 21:42 WIB
Usung visi pengiriman instan & same day, Rara Delivery dapat pendanaan US$ 3,25 juta


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Startup pengiriman instan RaRa Delivery mengumumkan pendanaan sebesar US$ 3,25 juta yang dipimpin oleh Surge dari Sequoia Capital India dan East Ventures dari Indonesia.  

RaRa Delivery diklaim sebagai satu-satunya perusahaan logistik last-mile di Asia Tenggara yang merevolusionerkan pengiriman satu hingga tiga jam untuk e-commerce melalui pendekatan berbasis data dan teknologi eksklusif mereka. 

RaRa Delivery berkomitmen mengubah semua pengiriman di Indonesia menjadi pengiriman instant dan same-day. Kepuasan akan hal-hal yang instan telah menjadi sebuah norma di seluruh kategori konsumen dikarenakan berubahnya kebiasaan belanja online masyarakat, sehingga pengiriman super cepat menjadi kebutuhan dan bukan lagi kemewahan. 

Di Indonesia, selera konsumen akan pengiriman yang cepat telah meningkat dan konsumen kini bersedia membayar lebih mahal untuk hal tersebut.

Baca Juga: Surge gelontorkan US$ 55 juta ke 23 startup, 3 di antaranya dari Indonesia

Ukuran pasar untuk pengiriman same-day diperkirakan akan tumbuh hingga 30%, dengan total 4,5 juta paket per hari pada tahun 2023, dan biaya logistik premium untuk layanan pengiriman same-day diproyeksikan meningkat menjadi Rp 65 triliun pada tahun 2023, naik dari Rp 4,4 triliun pada tahun 2018, sehingga melampaui pertumbuhan layanan pengiriman lainnya.

Founder & CEO, RaRa Delivery, Karan Bhardwaj, mengatakan, pada era akan kepuasan untuk hal-hal yang instan seperti masa sekarang, Rara Delivery merevolusionerkan logistik dengan memungkinkan pengiriman dalam beberapa jam untuk semua orang dimanapun di Indonesia. 

"Di saat pengiriman ekspres telah berkembang pesat di sektor-sektor seperti bahan makanan dan perawatan kesehatan, kami melihat peluang unik untuk meningkatkan penawaran ini di semua kategori, karena harapan pelanggan tumbuh seiring dengan kematangan sektor e-commerce Indonesia,” jelas Bhardwaj, dalam siaran pers, Rabu (18/8).

Bhardwaj menambahkan, melalui smart batching system dan tim kurir yang berdedikasi tinggi serta komitmen untuk memastikan pengiriman berjalan lancar. Ia bilang, visi mereka adalah untuk menciptakan ekosistem yang memungkinkan pasar dan penjual e-commerce memberikan pengalaman premium kepada konsumen mereka menjadi kenyataan, mulai dari Indonesia. 

Baca Juga: Begini strategi Titipan Kilat (TIKI) untuk mencapai pertumbuhan pendapatan 20%-25%

"RaRa Delivery bangga dapat bekerja sama dengan brand terbesar di Indonesia di babak pertumbuhan yang menantang dan menarik ini. ” Bhardwaj menambahkan.

Selain pengiriman instan, platform RaRa Delivery juga menawarkan keandalan dan kenyamanan pelanggan melalui pemberitahuan dan pembaruan status secara real-time.

Pelanggan dapat berbincang dengan customer service, kurir, atau dua-duanya secara bersamaan melalui satu platform chat. Di dalam sistem, RaRa Delivery menerima pesanan dari bisnis dan merchant melalui integrasi API, kemudian menghitung kapasitas, slot waktu, jarak, dan optimalisasi rute untuk mengelompokkan pesanan-pesanan dan memaksimalkan produktivitas guna mengurangi biaya per pesanan tersebut.

RaRa Delivery juga merupakan salah satu dari sedikit bisnis di Indonesia yang melakukan rekonsiliasi Cash on Delivery (COD) secara real-time melalui satu platform online. Perusahaan ini telah tumbuh 15 kali lebih besar hanya dalam satu tahun terakhir.

Baca Juga: Ekonomi digital tumbuh cepat memoles prospek bisnis jasa kurir dan logistik

RaRa Delivery sudah menjadi partner pengiriman terpercaya kami sejak peluncuran Cerita Roti pada bulan November 2020. Saat ini, kolaborasi dengan RaRa memungkinkan pihaknya untuk menyediakan roti-roti berkualitas untuk pelanggan melalui outlet Kopi Kenangan di Jabodetabek.

"Kecepatan dan kegesitan layanan mereka memungkinkan kami untuk melanjutkan komitmen kami untuk menyediakan customer experience yang luar biasa. Kami tidak sabar untuk berkembang bersama RaRa Delivery dengan semua outlet Kopi Kenangan di seluruh Indonesia. " ujar Jack Siah, VP dari Kopi Kenangan.

RaRa Delivery didirikan di Singapura pada bulan Juli 2019 oleh Karan Bhardwaj, yang menyelesaikan pendidikannya di Nanyang Technological University, Singapura, dengan jurusan utama Teknik dan jurusan pendukung Bisnis dan Kewirausahaan. Sebelum mendirikan Rara Delivery, Karan mengelola supply chain e-commerce secara menyeluruh di Unilever Asia Tenggara dan Australasia.

Selanjutnya: Semester I-2021, pengiriman SiCepat Ekspress melesat hingga 180%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×