kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Voksel Electric (VOKS) tetap optimistis di tengah pandemi, ini alasannya


Kamis, 29 Oktober 2020 / 16:02 WIB
Voksel Electric (VOKS) tetap optimistis di tengah pandemi, ini alasannya
ILUSTRASI. VOKS-Perdana, Voksel Electric (VOKS) kirim produk high voltage kabel untuk proyek strategis PLN. Foto: DOK VOKS


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah pandemi, industri kabel agak kusut dihambat sejumlah masalah, salah satunya permintaan kabel yang seret karena sejumlah proyek terhambat. Meski begitu manajemen PT Voksel Electric Tbk (VOKS)  optimistis bisnisnya tetap terang meski ada banyak aral melintang yang harus dihadapinya. 

Rizal Nangoy, Chief Commercial Officer Voksel Electric menjelaskan di tengah  dinamika saat ini,  VOKS telah menyiapkan rencana strategis untuk tahun 2021 termasuk strategi diversifikasi baik secara produk maupun target pasar. "Perusahaan akan terus melakukan inovasi guna mengeksplorasi peluang-peluang di pasar global melalui ekspor," jelasnya kepada Kontan.co.id beberapa waktu lalu.

Menurut Rizal dengan product mixed yang lengkap serta pengalaman VOKS di beberapa negara tujuan ekspor,  perusahaan yakin bisa terus bersaing di pasar global. 

Baca Juga: Segmen home and personal care naik, simak strategi Unilever Indonesia (UNVR) ke depan

Rizal mengatakan di setiap situasi yang menantang pasti ada peluang dan kesempatan yang terbuka. Maka dari itu VOKS tetap optimistis dapat mendukung pembangunan infrastruktur baik di bidang kelistrikan, maupun sektor lainnya, seperti misalnya minyak dan gas, transportasi dan telekomunikasi. Rizal yakin karena VOKS juga memproduksi kabel serat optik

"Pengembangan dalam produksi kabel serat optic dilakukan perusahaan untuk  mendukung proyek-proyek interkoneksi internet dan digitalisasi di seluruh Indonesia," jelasnya. 

Seperti diketahui bersama, saat ini Pemerintah bersama PT Telekomunikasi Indonesia sedang berupaya meningkatkan konektivitas jaringan internet di seluruh Indonesia melalui proyek Palapa Ring. Untuk itu, lanjut Rizal, VOKS senantiasa  mensukseskan program tersebut, termasuk dengan peningkatan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Di sisi lain, sebagai salah satu mitra PLN, Rizal mengatakan VOKS terus mendukung  program-program strategis PLN, seperti penggunaan kabel bawah tanah (UGC) di kota-kota besar serta distribusi daya listrik antar pulau. Di samping itu, dalam rangka mendukung program pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan (EBT), VOKS juga telah mengembangkan produk-produk kabel untuk proyek-proyek pembangkit EBT seperti PLTS (Pembangkit Listik Tenaga Surya). 

Baca Juga: Tambang emas akan jadi pendorong kinerja United Tractors (UNTR) tahun depan

Pada proyek kelistrikan Pemerintah, VOKS juga bekerjasama dengan sektor swasta. Mulai dari penyediaan kabel untuk proyek pembangkit (IPP) hingga penyediaan kabel untuk kebutuhan industri, bangunan dan lainnya.

Meski sejumlah aktivitas bisnis tetap berjalan di masa pandemi, Rizal mengatakan untuk tahun depan, tentunya tidak ada yang bisa memastikan kapan kondisi pandemi  akan berakhir. Menurutnya hal tersebut adalah suatu tantangan yang cukup berat.

Selanjutnya: Pendapatan Blue Bird (BIRD) susut 47,63% per kuartal III 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×