kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.879   51,00   0,32%
  • IDX 7.205   64,31   0,90%
  • KOMPAS100 1.106   11,04   1,01%
  • LQ45 878   11,56   1,33%
  • ISSI 221   1,08   0,49%
  • IDX30 449   6,43   1,45%
  • IDXHIDIV20 540   5,72   1,07%
  • IDX80 127   1,45   1,15%
  • IDXV30 135   0,62   0,46%
  • IDXQ30 149   1,69   1,15%

Weha Transportasi (WEHA) Catatkan Peningkatan Laba 129% di Semester I 2023


Jumat, 01 September 2023 / 13:09 WIB
Weha Transportasi (WEHA) Catatkan Peningkatan Laba 129% di Semester I 2023
ILUSTRASI. Bus pariwisata White Horse milik PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA).


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dengan terus meningkatnya kinerja Perseroan di semester pertama tahun 2023, PT WEHA Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) kembali mencatatkan kinerja yang sangat positif.

Pendapatan perseroan meningkat sebesar 61% menjadi Rp 123 milliar dibandingkan semester pertama tahun 2022 sebesar Rp 77 milliar.

Serta mencatatkan laba bersih pada semester pertama 2023 sebesar Rp 13,9 miliar atau meningkat sebesar 129% dibandingkan semester pertama tahun 2022 dimana laba bersih Perseroan sebesar Rp 6,1 miliar.

Baca Juga: Kinerja White Horse (WEHA) Moncer, Laba Bersih Semester I-2023 Melejit Hingga 128,55%

EBITDA Perseroan juga meningkat sebesar 64% dimana terjadi peningkatan dari Rp 23 miliar di tahun 2022 menjadi Rp 38 miliar di tahun 2023.

Andrianto Putera Tirtawisata Direktur Utama WEHA menuturkan perseroan mempunyai 3 lini usaha yaitu bus charter, intercity shuttle dan logistik, serta open trip.

Ketiga lini usaha tersebut membukukan kinerja pendapatan yang positif selama kuartal pertama di tahun 2023.

Pendapatan segmen bus charter meningkat dari Rp 38,1 miliar di tahun 2022 menjadi Rp 50,4 miliar di tahun 2023 atau meningkat sebesar 32% dibandingkan dengan tahun 2022.

Pendapatan segmen intercity shuttle meningkat dari Rp 34,5 miliar di tahun 2022 menjadi Rp 67,8 miliar di tahun 2023 atau meningkat sebesar 97% dibandingkan dengan tahun 2022.

Untuk segmen open trip, pendapatan di kuartal pertama tahun 2023 juga meningkat sebesar 27% menjadi Rp 4,7 miliar dibandingkan tahun 2022 di kuartal yang sama yang hanya sebesar Rp 3,7 miliar.

 

Baca Juga: Perluas Rute, Weha Transportasi (WEHA) Lirik Beberapa Bandara

"Di lini usaha bus charter (White Horse), Perseroan terus menitikberatkan kepada segmen market perusahaan untuk kegiatan corporate shuttle dan outing. Kemudian untuk segmen sekolah di kegiatan field trip serta sektor Perorangan terdapat pent-up demand yang begitu besar yang didapatkan melalui peran media sosial," terangnya pada keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (1/9).

Perseroan juga melakukan renovasi beberapa armada bussehingga pelanggan merasa nyaman saat menggunakan armada Perseroan. Di semester 1 Perseroan melakukan penambahan beberapa armada baru yang sedang dipersiapkan seiring adanya permintaan dari pelanggan yang cukup tinggi.

Di lini usaha intercity shuttle (DayTrans) selama tahun 2023, Perseroan melakukan penambahan armada dan menambah counter baru serta tetap mempertahankan rute - rute yang menjadi favorit bagi pelanggan.

Selain itu Perseroan berhasil melakukan antisipasi lonjakan penumpang saat mudik Lebaran dengan penambahan armada Perseroan berhasil mendapatkan peningkatan pendapatan yang cukup signifikan.

Bisnis paket ikut menyumbang utilisasi kendaraan per trip yang dijalankan di lini intercity shuttle dan logistik. Di lini usaha open trip (Explorer.ID) peningkatan pendapatan disebabkan adanya peningkatan permintaan dari sektor corporate outing serta kebijakan dimana masyarakat tidak diharuskan untuk menggunakan masker menyebabkan permintaan masyarakat semakin meningkat.

Baca Juga: Simak Jurus Weha Transportasi (WEHA) yang Bidik Pendapatan Rp 239 Miliar di Tahun Ini

Serta destinasi – destinasi baru yang tersedia di paket open trip Explorer.ID juga menambah minat masyarakat untuk berwisata.

Penetrasi digital dengan mengembangkan startegi - strategi baru menjadi jadi lebih mudah untuk di eksekusi, karena hampir semua inisiasi bisa langsung sampai ke pelanggan karena aplikasi sekarang banyak di handphone masyarakat.

"Dengan aplikasi kami jadi lebih mudah untuk menyampaikan informasi dan menjangkau pelanggan dengan biaya yang lebih murah dan efektif," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×