Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan e-commerce enabler SIRCLO hari ini mengungkapkan lima tren dan data menarik dari penyelenggaraan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 pada tahun 2020. Walaupun menjadi tahun yang penuh tantangan, nyatanya promo Harbolnas masih mampu mencatatkan pertumbuhan positif dibandingkan tahun lalu. Nilai transaksi selama 12.12 mencapai peningkatan 328% dari tahun 2019 berdasarkan data SIRCLO.
Brian Marshal, CEO dan Founder SIRCLO mengatakan, SIRCLO optimistis bahwa penjualan di kanal digital akan melesat cepat, terutama karena akselerasi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Daya beli masyarakat Indonesia pun perlahan-lahan mulai pulih, dibuktikan dengan partisipasi di festival belanja 9.9 sampai 12.12 yang terus meningkat. "Karena itu, saat ini merupakan saat krusial bagi semua brand untuk melakukan pivot dan hadir secara online,” ungkap Brian dalam siaran pers, Kamis (17/12).
Baca Juga: Peak season, J&T Express catatkan rekor pengiriman 20 juta paket saat Harbolnas 12.12
Dalam penyelenggaraan Harbolnas 2020 tahun ini, SIRCLO pun menemukan beberapa pertumbuhan serta perubahan kebutuhan dan gaya belanja konsumen. Berikut merupakan 5 di antaranya:
1. Pertumbuhan transaksi signifikan di luar Pulau Jawa
Secara umum, festival belanja online di tahun 2020 mencatatkan pertumbuhan transaksi yang signifikan dari luar Pulau Jawa. Pada Harbolnas 12.12, data SIRCLO menunjukkan bahwa jumlah transaksi dari luar Pulau Jawa mencapai lebih dari empat kali lipat dibandingkan tahun 2019.
Hal ini menunjukkan bahwa penetrasi tren belanja online menyebar dengan cepat di luar ibu kota hingga ke berbagai daerah di Indonesia, terutama di tengah pandemi. Menurut riset yang tertuang dalam laporan e-commerce SIRCLO berjudul Navigating Indonesia’s E-Commerce: COVID-19 Impact and The Rise of Social Commerce, diperkirakan terdapat 12 juta pengguna e-commerce baru sejak pandemi berlangsung. Dari angka tersebut, 40% di antaranya akan mengandalkan e-commerce bahkan setelah pandemi berakhir.
Baca Juga: Uang elektronik bidik transaksi pembayaran digital di e-commerce dan ride hailing
2. Kategori perawatan diri, perlengkapan rumah, dan fashion paling dicari
Berdasarkan data SIRCLO selama berlangsungnya Harbolnas 12.12, tiga kategori favorit konsumen adalah: perawatan diri (personal care), perlengkapan rumah (household goods), dan busana (fashion). Ketiga kategori ini konsisten mencatatkan permintaan produk tertinggi selama festival belanja online sebelumnya, seperti 9.9, 10.10, dan 11.11.
Menurut laporan SIRCLO yang dirilis pada bulan Juli 2020, kategori favorit di kalangan konsumen perempuan adalah perawatan diri, sementara kategori elektronik masih menjadi nomor satu bagi konsumen pria. Lebih jauh, sebanyak 20% konsumen berbelanja online dengan frekuensi lebih dari sembilan kali per bulan, 58% di antaranya merupakan konsumen perempuan.
Baca Juga: Riset: ShopeePay rajai transaksi uang elektronik saat Harbolnas di tengah pandemi