kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

XL Axiata (EXCL) ubah insentif karyawan dari saham ke tunai


Senin, 30 September 2019 / 21:32 WIB

XL Axiata (EXCL) ubah insentif karyawan dari saham ke tunai
ILUSTRASI. XL Beri penawaran untuk pelanggannya khusus di HPN

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) melakukan sejumlah perubahan pada program insentif jangka panjang atau long term incentive (LTI) 2016-2020 yang diperuntukkan bagi karyawannya. Pemegang saham EXCL sepakat mengubah insentif karyawan untuk tahun 2019 dan 2020 dalam bentuk tunai.

Keputusan ini diambil pada rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang berlangsung pada Senin (30/9) di XL Axiata Tower, Jakarta. Sebelumnya, insentif ini diberikan dalam bentuk saham secara cuma-cuma tanpa hak opsi melalui penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) atau private placement.

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) buka peluang untuk terbitkan surat berharga komersial

Berdasarkan prospektus yang diterbitkan pada awal 2016, jumlah saham baru yang diterbitkan dalam program ini maksimal 265 juta lembar saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham.

Jumlah saham yang dikeluarkan perusahaan bergantung kepada kinerja perusahaan, hasil kinerja individu karyawan, dan harga pelaksanaan untuk masing-masing tahap program.

Group Head Corporate Communication EXCL Tri Wahyuningsih mengatakan, perubahan ini dilaksanakan untuk menyederhanakan mekanisme yang sudah berjalan tanpa menghilangkan fungsi retensi dari program LTI ini.

Baca Juga: Gaet lebih banyak pelanggan, XL Axiata luncurkan layanan baru

"Kami juga mengharapkan perubahan ini juga dapat memacu kinerja karyawan untuk semakin maju dan kemudian dapat meningkatkan performa EXCL dalam mencapai target," kata dia saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (30/9).

RUPSLB ini juga menyetujui untuk memperbaharui wewenang kepada dewan komisaris EXCL untuk menyatakan realisasi pengeluaran saham baru dan penyesuaian modal ditempatkan dan disetor sehubungan dengan program LTI 2016-2020.

Per Agustus 2019, pemegang saham EXCL adalah Axiata Investments sebesar 66,361% dan publik sebesar 33,639%.


Reporter: Nur Qolbi
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan


Close [X]
×