Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Untuk menambah pelanggan, operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk, berusaha meningkatkan pangsa pasar untuk pelajar. Caranya adalah, memperkuat layanan XL Edusolutions, sebuah program layanan komunikasi khusus untuk pelajar.
“Tahun ini kami menargetkan pelanggan XL Edusolutions mencapai 3,5 juta pelanggan atau setara 7%-8% dari target total pelanggan XL di 2012 yang mencapai 50-51 juta pelanggan,” kata Titus Dondi, Vice President Enterprise and Community XL di Jakarta, Senin (9/4). Tahun lalu, jumlah pelanggan XL melalui layanan Xl Edusolution sudah mencapai angka 2,2 juta pelanggan.
Perlu diketahui, XL Edusolutions merupakan solusi teknologi informasi dan komunikasi yang memiliki program XL Sifoster, Free Wifi kecepatan up to 1 Mbps. Untuk program XL Sifoster merupakan layanan digital terintegrasi lewat platform internet dan SMS. Program ini berfungsi memberikan informasi sekolah dan kampus dengan cepat kepada siswa dan orang tua siswa, sehingga tidak diperlukan surat informasi dari sekolah lagi.
Melalui kerja sama business to business, XL dan pihak sekolah akan memberikan gratis infrastruktur seperti pemancar, server, dan antenna yang diperlukan tanpa dipungut bayaran. “Infrastruktur akan menghadirkan layanan Wifi gratis disetiap sekolah menggunakan jaringan dari XL,” jelas Titus.
Melalui kerja sama itulah, XL berharap dapat mengakuisisi pelanggan pelajar, guru dan orangtua murid. Titus menambahkan, program ini diharapkan bisa meningkatkan loyalitas pelanggan, karena ada ruang komunitasnya yang berbasis sekolah.
Tak hanya itu, layanan XL Edusolutions memiliki tiga keunggulan lain yang dikenal dengan program 3 in 1 card. Artinya, dengan kartu XL Edusolutions, pelanggan bisa memanfaatkannya menjadi kartu ATM (khusus bank Mandiri Syariah dan Permata Syariah), serta menjadi kartu absensi sekolah.
“Tidak menutup kemungkinan kami kerja sama dengan Bank lainnya termasuk diluar Bank Syariah,” ujarnya. Titus menambahkan, program yang sudah berjalan selama setahu ini akan terus dievaluasi dengan tujuan untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News