Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai program vaksinasi Covid-19 secara massal seperti yang dilakukan Gojek terhadap ribuan mitra pengemudi membuat konsumen semakin terlindungi.
Peran penting mitra pengemudi Gojek sebagai perantara perpindahan orang dan barang memberikan rasa aman kepada konsumen di tengah situasi pandemi yang belum jelas kapan akan berakhir.
Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan keamanan bagi konsumen di tengah pandemi Covid-19 merupakan yang utama terlebih di jasa layanan transportasi. ”Vaksinasi akan menciptakan rasa aman bagi konsumen karena driver sudah divaksinasi. Syukur-syukur jika konsumennya sudah vaksinasi juga,” ujar Tulus dalam pers rilis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (6/5)..
Baca Juga: Kata guru besar UI terkait vaksinasi massal gojek
Vaksinasi merupakan tindak lanjut dari perlindungan kepada konsumen pengguna transportasi termasuk ojek online (ojol) setelah sebelumnya diupayakan dengan berbagai perlengkapan dan standar Protokol Kesehatan (Prokes).
Sekretaris YLKI Agus Suyatno menambahkan vaksinasi oleh Gojek terhadap mitra ojol menjadi kabar positif dari sudut pandang konsumen. Ia bilang, jika semua ojol tervaksinasi maka akan ada jaminan ojol tersebut sudah ada upaya perlindungan dari penyebaran Covid-19.
Namun, Agus mengingatkan bahwa vaksin bukan menjadikan seseorang kebal terhadap Covid-19. Sehingga setiap pengemudi harus tetap disiplin dalam menjalankan standar Prokes yang sudah terjadi selama ini.