kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk, simak tanggapan agen pemegang merek di penutupan GIIAS 2018


Minggu, 12 Agustus 2018 / 19:37 WIB
Yuk, simak tanggapan agen pemegang merek di penutupan GIIAS 2018
ILUSTRASI. Jajaran truk TATA Motors


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gelaran pameran otomotif, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 Minggu (12/2) resmi selesai.

Selama 10 hari, acara yang diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang ini berhasil memperkenalkan model kendaraan baru dan konsep serta mendorong penjualan otomotif nasional

Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 mengungkapkan rasa syukurnya terhadap penyelenggaraan GIIAS tahun ini.

“Kami bersyukur GIIAS tahun ini mencapai capaian yang positif, yang diantaranya terdapat world premiere passenger car dan concept car, dan yang menarik pada tahun ini lebih banyak kendaraan konsep yang dihadirkan, sehingga ini memberikan gambaran kendaraan masa depan, sesuai dengan tema GIIAS tahun ini yaitu Beyond Mobility,” kata Rizwan, Sabtu (11/8).

Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) semua berjalan sesuai rencana.

Meski belum mendapatkan data riil, namun HPM optimis akan capai target hingga penutupan minggu malam (12/8). "Tentu penjualan terbesar didukung oleh model baru seperti Honda Brio dan Honda HR-V," kata Jonfis kepada KONTAN, Minggu (12/8)

PT Honda Prospect Motor (HPM) membidik penjualan sebanyak 5.500 unit di GIIAS. Proyeksi tersebut mirip dengan pencapaian penjualan di GIIAS pada tahun lalu. Kala itu, Honda membukukan penjualan sebanyak 5.545 unit di pameran otomotif berskala internasional tersebut.

Jonfis menambahkan dari hasil tersebut diharapkan mendorong penjualan Honda hingga akhir tahun. Mengingat saat ini tak hanya Honda, namun perusahaan leasing juga berusaha menarik konsumen dari gelaran otomotif ini.

Sementara itu, Intan Vidiasari, Deputy Group Head of Planning & Communication Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjelaskan per sabtu malam (11/8), total SPK Mitsubishi mencapai 3.417 unit. Atau mendekati target GIIAS 2018 yakni sebanyak 3.500 unit.

"Model utama didominasi oleh Xpander dengan 1.971 unit, lalu Pajero Sport 1.265 unit dan sisanya untuk Outlander Sport, Triton serta Mirage," kata Intan kepada Kontan.co.id, Minggu (12/8).

Jumlah tersebut memang menurun dibanding pencapaian GIIAS tahun lalu. Saat itu total penjualannya 6.374 unit. "Karena tahun lalu adalah World Premiere dari Xpander di Indonesia yang dimana XPANDER mencapai SPK sebesar 5.281 unit hanya di GIIAS saja," tambahnya.

Menurutnya target untuk mobil baru launching world premiere dibanding dengan target satu tahun peluncuran sesudahnya berbeda. "Jadi kami masih optimis setidaknya setelah satu tahun peluncurannya, Xpander masih bisa mencapai penjualan hampir setengahnya dari capaian setahun lalu di GIIAS," ujar Intan.

Melihat hasil penjualan di GIIAS 2018, Mitsubishi optimis akan kondisi penjualan kendaraan penumpang hingga akhir tahun. Apalagi Xpander sudah ditingkatkan produksinya sampai 10.000 unit per bulan sejak Juli 2018 sehingga bisa memenuhi pasar domestik dan ekspor dengan lebih cepat.

Sementara itu, jelang akhir ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, angka penjualan yang diraih oleh Suzuki per 10 Agustus 2018 mencapai target penjualan. Adapun tahun ini Suzuki menargetkan total SPK sebanyak 1.000 unit atau naik 10% dibanding tahun lalu sebanyak 900 unit.

Dari 11 jenis mobil yang ditawarkan oleh Suzuki selama GIIAS 2018 berlangsung, All New Ertiga, model Low MPV teranyar Suzuki yang memulai debutnya pada akhir April lalu, mendominasi penjualan mobil Suzuki.

Makmur, 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales menyatakan, khusus untuk GIIAS 2018, selain menawarkan line up mobil unggulan, Suzuki juga menawarkan berbagai alternatif penjualan yang memudahkan para konsumen saat melakukan SPK. 

"Selain itu, Suzuki juga bekerjasama dengan enam perusahaan leasing yang tersedia di dealing room dan menawarkan berbagai promo menarik untuk mobil-mobil Suzuki seperti All New Ertiga, Ignis dan Baleno guna meningkatkan penjualan mobil-mobil Suzuki selama GIIAS 2018 berlangsung," kata Makmur.

All New Ertiga menjadi kontributor penjualan terbesar bagi Suzuki selama ajang GIIAS 2018 dengan kontribusi mencapai 28,98% dari seluruh total penjualan. Menyusul ada, Ignis menempati posisi kedua dengan kontribusi 21,17%. Sedangkan mobil komersal Suzuki, New Carry Pick Up, menyumbang penjualan sebesar 19,12%.

Selain All New Ertiga, Ignis dan New Carry Pick Up, mobil-mobil Suzuki lainnya seperti APV, Karimun Wagon R, SX4 S-Cross, dan Baleno turut berkontribusi dalam penjualan unit-unit mobil Suzuki pada saat GIIAS 2018.

Secara terpisah, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Soerjopranoto, mengatakan belum ada gambaran hasil penjualan di GIIAS 2018. Hanya saja, Soerjo menjelaskan sejauh ini GIIAS tetap menjadi barometer untuk otomotif di indonesia. "Terutama untuk menampilkan konsep kendaraan seperti i-concept di toyota booth," kata Soerjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×