INDUSTRI
Berita
Harga pakan ikan naik per September

HARGA PAKAN IKAN

Harga pakan ikan naik per September


Telah dibaca sebanyak 2149 kali
Harga pakan ikan naik per September



JAKARTA. Terdesak oleh naiknya bahan baku untuk pakan ikan, Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) akhirnya memiliih untuk menaikan harga ikan di bulan September 2010 mendatang. Kenaikan harga disetiap jenis pakan rata-rata diperkirakan sekitar Rp 100 per kg.

“Ini harus kita lakukan karena kami terdesak kenaikan bahan baku,” kata Denny Indrajaya, Ketua Divisi Pakan Ikan GPMT kepada KONTAN, Rabu (25/8).

Denny menyebutkan, setahun terakhir ini harga pakan ikan yang diproduksi anggotanya sudah mencatatkan kenaikan 5%. Pemicu kenaikan harga pakan ikan ini adalah terkereknya harga bahan baku pakan seperti seperti kedelai, tepung ikan dan meat and bone meal alias MBM.

“Tepung ikan dari harga US$ 1.200 per ton, sekarang naik bertahap hingga US$ 2.000 per ton,” ungkap Denny.

Sejumlah cara sudah dilakukan Denny untuk menggemukkan volume penjualan pakan ikan. Misalnya, dengan membuat komposisi pakan agar harganya tetap kompetitif. Selain itu, pihaknya mengaku sempat menurunkan harga untuk mendongkrak lagi daya beli pakan.

Nyatanya, hingga saat ini industri pakan masih gelisah lantaran harga bahan baku masih berpotensi mengalami kenaikan akibat terkereknya harga komoditi pangan seperti jagung dan gandum. Tak hanya itu saja, harga minyak bumi pun ikut menyurung kenaikan harga bahan baku.

Sebanyak 15% kandungan pakan ikan berasal dari kedelai yang masih diimpor dari luar negeri. Porsi yang sama, yaitu 15%, merupakan tepung ikan yang juga masih diusung dari luar negeri. Plus, MBM yang lagi-lagi masih harus didatangkan dari luar negeri. “Memang ada dari dalam negeri tetapi jumlahnya terbatas,” kata Denny.

Saat ini, kisaran harga pakan ikan berada di antara Rp 4.000-6.000 per kg.

Telah dibaca sebanyak 2149 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • DJP minta caleg dan capres transparan data pajak

    +

    Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan presiden baru sebentar lagi mewarnai tahun 2014

    Baca lebih detail..

  • Akbar Tandjung siap jadi cawapres Jokowi

    +

    Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap maju sebagai bakal calon wakil presiden, termasuk berpasangan dengan Joko Widodo

    Baca lebih detail..