kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Juni 2010, Penjualan City Car Melonjak 50,37%


Rabu, 14 Juli 2010 / 10:24 WIB
Juni 2010, Penjualan City Car Melonjak 50,37%


Reporter: Gloria Haraito |

JAKARTA. Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) city car tengah sumringah. Pasalnya, penjualan city car bulan lalu melonjak tajam.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), sepanjang Juni penjualan city car mencapai 1.600 unit, atau naik 50,37% dibandingkan dengan penjualan Mei yang sebanyak 1.064 unit. Penjualan city car ini memakan porsi 9,2% dari total penjualan mobil Juni yang sebanyak 70.421 unit.

Lonjakan terbesar terdapat pada penjualan Suzuki Splash yang mencapai 678 unit. Jumlah ini naik 148% dari penjualan Mei yang sebesar 273 unit. Ini menyebabkan total penjualan Suzuki Splash sepanjang enam bulan pertama mencapai 2.305 unit. Peningkatan tajam juga terjadi pada Suzuki Karimun Estillo yang mencapai 431 unit, atau tumbuh 43,6% dari penjualan Mei yang sebesar 300 unit. Ini menyebabkan penjualan Karimun Estillo pada semester I-2010 lalu mencapai 1.462 unit, naik 60,4% dibandingkan dengan penjualan semester I-2009 yang sebesar 911 unit.

Di sisi lain, penjualan city car sepanjang semester I-2010 mencapai 6.548 unit. Bila dibandingkan dengan merek serupa di semester I-2009, jumlah ini naik 220% dari 2.044 unit.

Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto mengatakan, pasar Indonesia yang masih sensitif terhadap harga memang masih menjadikan city car sebagai primadona. City car merupakan mobil singset dengan kapasitas sekitar 1.200 cc. Di pasaran, mobil ini dijual sekitar Rp 100 juta per unit hingga Rp 150 juta per unit.

"Mobil dengan harga di bawah Rp 200 juta masih menguasai lebih dari 50% pasar," tutur Jongkie kepada KONTAN.

Meski harga city car tak beda jauh dengan light MPV dan SUV, namun ketiga kelas tersebut memiliki segmen masing-masing. MPV dan SUV kerap membidik segmen keluarga. Sementara city car menyasar anak muda atau pengendara mobil pemula sebagai pasarnya. City car juga kerap digunakan sebagai mobil kedua setelah MPV dan SUV.

Jongkie memprediksi, permintaan city car yang meningkat masih akan berlangsung hingga semester II-2010.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×