kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makna Hotel Mulia dan Raffles Jakarta jadi salah satu hotel terbaik dunia


Kamis, 08 Maret 2018 / 21:51 WIB
Makna Hotel Mulia dan Raffles Jakarta jadi salah satu hotel terbaik dunia


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hotel premium di Indonesia ternyata ada yang mendapat respon bagus dari pelancong asing. Ini setelah majalah wisata asal Amerika Serikat, Conde Nast Traveler merilis daftar 50 hotel terbaik dunia sepanjang 2017.  

Ada dua hotel bintang 5 ke atas dari Jakarta yang masuk kategori tersebut. Yakni Hotel Mulia Senayan Jakarta di posisi 23 dan Hotel Raffles, Kuningan Jakarta di peringkat 47.

Menurut Romy Herlambang, Direktur Komunikasi Hotel Mulia, penghargaan tersebut tidak terlepas dari pelayanan yang diberikan manajemen hotel ini ke para tamu. "Hal kecil yang tidak mungkin disadari bisa bikin customer nyaman, seperti menyebut nama tamu," katanya kepada KONTAN.CO.ID Kamis (8/3).

Dengan layanan seperti itu, tamu yang baru datang ke Hotel Mulia tentu bakal kaget dengan sapaan tersebut. Hal lain yang diperhatikan adalah bila ada tamu yang tidak suka dengan produk hotel. Semisal tidak suka makanan atau buah tertentu, atau alergi terhadap suatu tanaman. Maka pihak hotel dengan sigap langsung meniadakan atau mengganti  yang sesuai keinginan tamu.

Lewat layanan yang sekecil ini, Romy berharap para tamu bisa betah. Dan ujungnya adalah bisa datang kembali ke Mulia. Tak heran bila tingkat okupansi Hotel Mulia terus saja tumbuh. "Tahun lalu kami masih growth, dan tahun ini optimistis minimal sama dengan tahun lalu," paparnya.

Sedangkan dalam catatan KONTAN, Hotel Raffles Jakarta yang merupakan milik dari Grup Ciputra tahun lalu juga mengalami pertumbuhan tingkat okupansi. Dari sebelumnya 45% (2016) naik ke 50%. Hotel ini pun sempat mengundang perhatian lantaran menjadi tempat menginap Raja Salman dari Kerajaan Arab Saudi saat bertandang ke Indonesia tahun lalu.

Melihat kondisi itu, Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani menilai bisnis hotel kelas premium masih terbuka. Malah, investasi di sektor hotel premium terus menandak. "Data dari salah satu konsultan perhotelan menyebut  investasi di sektor hotel premium naik sampai 65% sepanjang tahun 2017- 2018,” jelas Hariyadi kepada KONTAN.CO.ID.   

Nah, tahun ini, ada dua hotel premium di Indonesia yang bakal berdiri, yaitu Park Hyatt dan Walforf Astoria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×