kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan pick up menderu tahun 2017 ini


Minggu, 17 Desember 2017 / 19:56 WIB
Penjualan pick up menderu tahun 2017 ini


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan pick-up tahun ini menggeliat. Terbukti dari data Gaikindo, penjualan pabrikan ke diler (wholesales) tercatat sebesar 128.731 unit atau naik dari periode sama tahun lalu 117.471 unit.

Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales menjelaskan penjualan pick-up up tiap bulan terus meningkat.

Menurutnya pasar ini sempat menurun pada periode 2014 hingga 2016. "Tahun ini mulai ada perbaikan dan kami harap trennya positif di tahun depan," kata Setiawan, Sabtu (16/12).

Salah satu faktornya menurutnya dari harga komoditas yang pulih. Serta sektor perkebunan yang menunjang di daerah Sumatera.

Saat ini di pasar pickup rata-rata market share Suzuki berada sebesar 45% . Dengan model Suzuki Carry, yang menjadi andalan jual sekaligus jadi model urutan penjualan utama pabrikan Jepang ini.

"Kami upayakan market share tetap karena kami lihat penjualan nasional juga kondisinya sama dengan tahun lalu," tukas Setiawan.

Asal tahu, tahun ini Suzuki menargetkan kuasai pangsa pasar nasional sebanyak 10,5%. Atau naik dari tahun lalu sebesar 9,1%. "Kami lihat akhir tahun ini target akan tercapai dan tahun depan walaupun tahun politik kami lihat pasar bisa tetap tumbuh," jelas Surya.

PT Tata Motors Indonesia, agen pemegang merk kendaraan Tata Motors di Indonesia juga melihat pasar pick-up positif. Kiki Fajar, Public Relations Manager TMI menjelaskan dari awal tahun sampai akhir tahun ada geliat penjualan.

"Prospek di kuartal IV-2017 lumayan dan bisa jadi kuartal I-2018 menjadi momen finalisasi delivery," kata Kiki kepada Kontan.co.id, Minggu (17/12).

Menurutnya segmen yang berkembang untuk penggunaan pickup adalah sektor logistik. Tahun depan diprediksi akan meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Sayangnya untuk target fiskal year Tata belum dibeberkan.

Pendapat berbeda disampaikan Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Menurutnya pasar mobil secara total hampir sama dengan tahun 2016. Tetapi dari segmen mobil penumpang turun dan kendaraan komersial naik.

"Kenaikan pasar komersial umumnya untuk light truck. Tapi di pasar pick up belum ada tanda kenaikan," tukas Amelia kepada Kontan.co.id.




TERBARU

[X]
×