kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.923
  • SUN98,38 -0,17%
  • EMAS611.050 0,00%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Sambut Natal, Telkomsel, Indosat, XL berbenah

Sabtu, 23 Desember 2017 / 09:00 WIB

Sambut Natal, Telkomsel, Indosat, XL berbenah

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang Natal, operator membenahi jaringa mereka. Telkomsel misalnya,  memperkuat seluruh elemen jaringan,mengantisipasi lonjakan trafik layanan pada periode Natal hingga Tahun Baru. Sebanyak 103 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi, terutama pada malam pergantian tahun.

Optimalisasi jaringan dilakukan di 709 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru, seperti mall dan pusat perbelanjaan, obyek wisata, alun-alun, bandara, terminal, stasiun, serta pelabuhan. Dari seluruh titik tersebut, 13 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan adalah Merdeka Walk (Medan), Jam Gadang (Padang), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta), Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Botani Square (Bogor), Pangandaran (Ciamis), Alun-alun Yogyakarta, Tanjung Kodok (Lamongan), Pantai Kuta (Bali), Lapangan Merdeka (Balikpapan), Manado Town Square, dan Lapangan Merdeka (Ambon).

Telkomsel juga mengoptimalkan jaringan 4G dan 3G di 14 pusat perbelanjaan yang diperkirakan mengalami kenaikan penggunaan layanan data pada periode Natal dan Tahun Baru. Yakni Medan Fair, Mall Pekanbaru, Bundaran Kelapa Gading Jakarta, Depok Town Square, Mall Living World Alam Sutera, Mall Istana Plaza Paskal Bandung, Mall Ciputra Semarang, Malang Town Square, Lippo Mall Kupang, Duta Mall Banjarmasin, Trans Studio Mall Makassar, dan Maluku City Mall Ambon.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan, Telkomsel meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati liburan Natal dan Tahun Baru, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun. "Kami juga secara rutin melakukan uji jaringan, baik dalam kondisi bergerak maupun tidak bergerak, untuk menjamin kelancaran penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video aktivitas pergantian tahun melalui perangkatnya.” kata Bob, dalam rilis ke Kontan.co.id, awal pekan ini.

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 35% dibandingkan hari biasa. Umumnyalayanan data untuk menyaksikan video dan mendengarkan musik secara streaming, bermain gim online, maupun berinteraksi di aplikasi pesan instan dan media sosial. Trafik layanan SMS juga diprediksi meningkat lebih dari 12% pada periode ini. Sementara trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 2% dibandingkan hari normal.

Melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 158.000 BTS di seluruh Indonesia hingga penjuru Nusantara.  Lebih dari 28.000 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 480 kota kabupaten juga disiagakan untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.

Sedangkan Indosat Ooredoo menyatakan kesiapan jaringan dan layanan untuk mendukung aktivitas berkomunikasi masyarakat selama masa-masa libur akhir tahun,  Natal dan Tahun Baru 2018. “Seperti tahun-tahun sebelumnya, peningkatan aktivitas masyarakat di akhir dan awal tahun selalu diikuti dengan peningkatan berkomunikasi yang juga berimbas pada peningkatan trafik telekomunikasi, apalagi dengan tren penggunaan sosial media atau media digital yang semakin meningkat di masa-masa liburan, Natal dan Tahun Baru,” kata Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Rabu (20/12). 

Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas jaringan, baik untuk layanan data, suara dan SMS. Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit per hari (atau 37,49 juta Erlang per hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 miliar SMS per hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 8.262 terabyte sehari. Semua kenaikan kapasitas tersebut juga didukung oleh 60.247 BTS secara nasional, sehingga diharapkan mampu melayani 97 juta pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia.

Sedangkan XL Axiata memperkirakan,  seperti tahun-tahun sebelumnya, trafik data diperkirakan akan meningkat  secara total hingga sekitar 10%, dengan trafik data akan mendominasi. XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas  memadai sehingga akan bisa menampung kenaikan trafik hingga dua kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan, beberapa tahun terakhir, mobilitas masyarakat Indonesia dalam mengisi libur panjang Natal dan Tahun Baru semakin meningkat. Selain melakukan perjalanan, banyak yang memanfaatkan waktu luang liburan untuk melakukan aktivitas digital. "Masyarakat tidak hanya sekadar mengucapkan selamat Natal atau Tahun Baru. Habit berbagi pengalaman dan informasi melalui dunia maya semakin menjadi keseharian masyarakat Indonesia dan hal inilah yang terutama menjadi faktor pendorong meningkatkan trafik layanan di setiap masa libur panjang,” katanya dalam rilis, Jumat (22/12).

Strategi antisipasi kenaikan trafik oleh XL Axiatamenyesuaikan dengan pergerakan masyarakat sepanjang liburan. XL Axiata melakukan antisipasi dengan memperkuat jaringan di daerah-daerah yang diprediksi akan terjadi kenaikan secara signifikan. Misalnya daerah dengan komunitas pemeluk Nasrani yang lebih banyak seperti antara lain Sumarera Utara dan Sulawesi Utara. Juga daerah tujuan wisata populer, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Selain itu juga menyasar ke lokasi-lokasi tujuan wisata dan pusat keramaian seperti pusat-pusat perbelanjaan.

Tidak lupa, XL Axiata juga menguatkan jaringan di lokasi-lokasi yang berhubungan dengan transportasi publik, seperti terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, dan bandar udara. Penguatan juga dilakukan di sepanjang jalur jalan raya yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di Jawa yang menjadi tujuan wisata popular. Mengingat masa liburan kali ini yang cukup panjang, maka diprediksi akan terjadi peningkatan arus lalu lintas dari Jabodetabek ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta..


Reporter: Ahmad Febrian
Editor: Ahmad Febrian

TELEKOMUNIKASI

Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0009 || diagnostic_api_kanan = 0.0404 || diagnostic_web = 0.2366

Close [X]
×