kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPTJ perluas kebijakan ganjil genap


Selasa, 26 Juni 2018 / 17:39 WIB
BPTJ perluas kebijakan ganjil genap
ILUSTRASI. Pembatasan nomor ganjil-genap pada gerbang Tol Tangerang arah Jakarta


Reporter: Abdul Basith | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan lakukan perluasan kebijakan ganjil genap. Perluasan tersebut dilakukan melihat efektifnya penurunan kepadatan kendaraan akibat aturan tersebut.

Hal itu untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Asian Games 2018. "Pengalaman kita dengan ganjil genap sebelumnya itu 28% mobil turun," ujar Kepala BPTJ Bambang Prihartono saat halal bihalal, Selasa (26/6).

Sebelumnya kebijakan ganjil genap pada jalan arteri hanya berada pada Jl. MH Thamrin, Jl. Jenderal Sudirman, dan Jl. Gatot Subroto. Kebijakan tersebut diperluas hingga Jl. Benyamin Sueb, Jl. Ahmad Yani, Jl. DI Panjaitan, Jl. S Parman, Jl. Rasuna Said, Jl. MT Haryono, dan Jl. Metro Pondok Indah.

Selain pada jalan arteri, ganjil genap yang diterapkan pada jalan tol juga diperluas. Kebijakan ganjil genap akan diterapkan di pintu tol Tambun sementara sebelumnya hanya Bekasi Barat dan Bekasi Timur untuk tol Jakarta - Cikampek.

Pada tol Jakarta-Bogor- Ciawi (Jagorawi) juga akan ditambah penerapan kebijakan ganjil genap. Kebijakan yang sebelumnya hanya pada pintu tol Cibubur akan ditambah menjadi pintu tol Dawuan.

Waktu ganjil genap pun akan diperpanjang dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB setiap hari. "Mereka bergerak setiap waktu baik masyarakat dan supporter, makanya kita jaga ganjil genap ini dari pagi sampai malam," jelas Bambang.

Selain ganjil genap, BPTJ juga akan menerapkan buka tutup pintu tol. Pintu tol yang akan ditutup merupakan pintu tol yang padat dan gerbangnya berdekatan.

Penutupan pintu tol ini diprioritaskan untuk rute Wisma Atlet Kemayoran, Gelora Bung Karno, Velodrome Rawamangun, dan Cibubur. "Terpaksa kita lakukan tutup pintu tol," terang Bambang.

Penutupan pintu tol bervariasi terbagi menjadi dua. Pertama pintu tol yang ditutup pada pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB dan pintu tol yang ditutup pukul 12.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Pintu tol yang akan ditutup pada pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB meliputi Ancol Barat, Jembatan Tiga 1, Angke 2, Tanjung Duren, Off Ramp RS Harapan Kita, Slipi 2, Podomoro, Rawamangun, Pedati, dan TMII. Sementara pintu tol yang akan ditutup pada pukul 12.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB antara lain Gedong Panjagan 2, Jembatan Tiga 2, Angke 1, Jelambar 1, Slipi 1, Sunter, Jatinegara, Kebon Nanas, dan TMII.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×