Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perputaran ekonomi pada momen libur Idulfitri 2024 memberikan multiplier effect bagi berbagai jenis usaha. Salah satunya, Online Travel Agent (OTA) yang juga turut mendapat berkah dengan adanya momen libur lebaran.
Sandra Darmosumarto, Public Relation Senior Manager tiket.com menjelaskan, antusiasme mempersiapkan libur lebaran telah terlihat sejak bulan Januari hingga Februari, baik yang merayakan Idul Fitri maupun yang tidak. Hal ini karena liburan panjang ini dimanfaatkan untuk mudik, berkumpul bersama keluarga, atau berwisata ke destinasi impian untuk rehat sejenak.
Tiket.com melihat bahwa masyarakat telah mulai merencanakan perjalanan mereka jauh-jauh hari sebelumnya, dengan memanfaatkan promo-promo yang kami hadirkan di periode kuartal I-2024 seperti Online tiket Week dan Sale Libur Panjang.
Baca Juga: Online Travel Agent Mengalami Lonjakan Performa Bisnis, Ini Faktor Pendorongnya
Selain itu, untuk menyambut momen libur Lebaran tahun ini, tiket.com kembali mempersembahkan promo Tiket Hari Raya (THR) yang berlangsung selama bulan Ramadan, dengan puncaknya pada periode THR Pol-polan.
Promo ini menghadirkan diskon yang lebih besar lagi untuk memudahkan masyarakat dalam mewujudkan perjalanan mereka selama liburan panjang hari raya dengan lebih nyaman, mudah, dan ekonomis.
"Hal ini tercermin pada peningkatan pemesanan di setiap lini vertikal produk di tiket.com sebesar 60,8% untuk transportasi, 18,4% untuk akomodasi, dan 16,5% untuk aktivitas wisata (TTD) bila dibandingkan dengan periode Lebaran 2023," ujar Sandra kepada Kontan, Kamis (25/4).
Selain itu, tiket.com mencatat, pemesanan tiket bus mengalami lonjakan yakni meningkat sebesar 330,8% (Bus & Shuttle diluncurkan tahun lalu di tiket.com). Ini menunjukkan antusiasme yang tinggi untuk menggunakan layanan bus sebagai opsi perjalanan yang nyaman dan ekonomis.
Selain itu, layanan transportasi ferry juga sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, ditunjukkan oleh pertumbuhan positifnya sejak diluncurkan. Tiket.com mencatat kenaikan pemesanan sebesar 10% di minggu pertama Ramadan bila dibandingkan dengan seminggu sebelumnya.
Baca Juga: Bisnis Asuransi Perjalanan Ketiban Berkah Lebaran
Berdasarkan data dari tiket.com, destinasi terpopuler untuk penerbangan adalah wilayah Surabaya, Padang, Medan, Bali, dan Jogja untuk domestik. Sedangkan untuk penerbangan ke luar negeri ada Kuala Lumpur, Singapore, Johor Bahru, Bangkok, dan Penang.
Lalu, terdapat beberapa destinasi wisata yang paling banyak dicari sobat tiket. Di Jakarta, destinasi populer antara lain Dunia Fantasi (Dufan) di Ancol. Sedangkan di luar Jakarta, terdapat beberapa destinasi yang banyak diincar sobat tiket, seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Solo Safari.
Sedangkan untuk destinasi internasional, sobat tiket banyak mencari tiket ke Jepang, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Hong Kong. Atraksi wisata yang paling banyak diincar sobat tiket adalah LEGOLAND Malaysia Resort dan Gardens by the Bay Singapura.
"Ini menunjukkan minat yang tinggi dari masyarakat untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata, baik lokal maupun internasional, selama periode libur Lebaran," kata Sandra.
Sementara itu, Iko Putera, CEO of Transport Traveloka mengatakan, jelang persiapan libur Lebaran, Traveloka melihat konsumen mulai merencanakan perjalanan mereka sedini mungkin, bahkan sejak bulan Februari.
Tidak hanya produk transportasi, namun produk akomodasi juga mengalami peningkatan pemesanan, menandakan tren staycation masih menjadi favorit.
"Selain itu, momentum Lebaran ini juga dimanfaatkan konsumen untuk berlibur ke sejumlah atraksi wisata," ujar Iko.
Data internal Traveloka menunjukkan adanya lonjakan untuk pencarian transportasi, dengan pencarian tiket Pesawat untuk destinasi teratas seperti Surabaya, Yogyakarta, Padang, Makassar, dan Bali naik sebesar dua kali lipat jika dibandingkan bulan sebelumnya.
Baca Juga: Kaum Milenial dan Gen Z Kian Konsumtif, Bisnis Paylater pun Makin Prospektif
Di periode yang sama, minat masyarakat untuk berlibur ke destinasi internasional seperti Kuala Lumpur, Singapura dan Bangkok juga mengalami peningkatan.
Moda transportasi darat seperti Kereta Api, Bus & Travel juga masih menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian khususnya di wilayah lintas pulau Jawa. Adapun tren pencarian Bus & Travel untuk periode Lebaran meningkat sebanyak hampir 12 kali lipat dan Kereta Api meningkat sebanyak lebih dari 30 kali lipat, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
Lalu, untuk moda transportasi darat, destinasi domestik yang menjadi favorit konsumen meliputi Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Malang, Bandung, Cirebon, Bandar Lampung dan Padang.
Melihat tingginya kebutuhan transportasi umum darat di musim mudik, Traveloka bekerja sama dengan Cititrans untuk menambah rute Bus terbaru, seperti Jakarta - Semarang - Solo - Yogyakarta dan Jakarta - Surabaya - Malang, yang sudah dapat diakses melalui website atau aplikasi Traveloka.
Lebih lanjut, data internal Traveloka menunjukkan puncak arus mudik dan arus balik berdasarkan pembelian tiket cukup beragam. Untuk moda transportasi Pesawat puncak keberangkatan terjadi pada 5-6 April 2024, dengan arus balik pada 14-15 April 2024. Sementara untuk Kereta Api, puncak keberangkatan terjadi pada 5-8 April 2024 dan arus balik mulai 13-15 April 2024. Khusus untuk Bus dan Travel, Traveloka melihat lonjakan keberangkatan terjadi pada 3-8 April 2024 dan arus balik pada 13-15 April 2024.
Peningkatan pencarian di sektor transportasi, diikuti dengan peningkatan jumlah pencarian akomodasi selama periode libur Lebaran yang mencapai lebih dari 50% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
Jenis akomodasi seperti hotel bintang 4 menjadi yang paling banyak dicari, baik di dalam kota untuk staycation maupun luar kota untuk berlibur.
Adapun Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Malang merupakan daerah tujuan utama bagi konsumen yang mencari akomodasi selama masa mudik dan libur Lebaran 2024.
Baca Juga: DAMRI Tambah Armada Baru Premium untuk Rute Menuju Lampung
Traveloka juga mencatat peningkatan minat pencarian akomodasi di destinasi internasional pada periode minggu libur Lebaran hingga mencapai hampir 50%, dibandingkan dengan minggu sebelumnya.
Negara-negara di Asia seperti Malaysia, Jepang, Singapura, Thailand, Vietnam dan Hong Kong menjadi menjadi tujuan utama selama libur Lebaran 2024.
Momentum libur Lebaran ini juga dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi berbagai atraksi wisata. Hal ini terlihat dari meningkatnya pencarian untuk kategori taman wisata dan taman bermain hingga 2 kali lipat.
Pada umumnya masyarakat di ibu kota cenderung melakukan perjalanan keluar kota atau negeri ketika libur Lebaran. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luar kota Jakarta untuk menjadikan Jakarta sebagai tujuan berlibur, dengan mempertimbangkan harga tiket pesawat dan moda transportasi lain yang cenderung lebih terjangkau.
Fenomena ini diikuti dengan meningkatnya angka wisatawan dari luar Jakarta, di mana tempat-tempat wisata populer seperti Dufan - Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Kidzania, masih menjadi tempat wisata favorit konsumen, dengan beberapa tempat wisata lain seperti Tari Kecak Pura Uluwatu (Bali) dan Jatim Park (Malang).
Pemilihan paket tur wisata juga mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dengan destinasi populer meliputi Labuan Bajo, Kintamani, Kepulauan Seribu, Ubud dan Borobudur (Punthuk Setumbu).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News