kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hutama Karya (HK) sebut arus mudik Idul Adha di trans Sumatera meningkat 68,75%


Senin, 03 Agustus 2020 / 15:17 WIB
Hutama Karya (HK) sebut arus mudik Idul Adha di trans Sumatera meningkat 68,75%
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Pekanbaru Dumai Seksi I, di Pekanbaru, Riau. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/hp.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - LAMPUNG. PT Hutama Karya Persero (Hutama Karya), pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mencatat peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di JTTS melalui pintu awal masuk JTTS yaitu Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan hingga 68,75% dibandingkan dengan VLL normal pada bulan Juli lalu.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan bahwa kenaikan VLL ini diperkirakan akibat banyaknya pengguna jalan tol yang mudik dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra.

"VLL kendaraan yang melintas di JTTS melalui GT Bakauheni Selatan mengalami peningkatan pada H-1 Iduladha 1441H hingga mencapai total 7.626 kendaraan, meningkat 3.107 kendaraan dibanding seminggu menjelang hari raya Iduladha yaitu pada Jum’at (24/7) dimana VLL nya hanya 4.519 kendraan saja," jelas Aries mengutip keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (3/8).

Baca Juga: LMAN telah bayar dana talangan tanah Rp 48,66 triliun ke BUJT

Aries melanjutkan, peningkatan VLL ini cukup signifikan dibandingkan dengan hari-hari normal di luar perayaan Iduladha.

Pada hari Minggu (2/8) lalu, arus balik kendaraan yang keluar dari pintu keluar tol Bakauheni Selatan menuju ke arah Pelabuhan Bakauheni terpantau juga mengalami lonjakan VLL yang cukup drastis sebesar 78,28% atau sebanyak 7.008 kendaraan setelah sebelumnya hanya mencapai 3.931 kendaraan saja.

Lebih lanjut ia juga mengatakan, meski operasional jalan tol masih dapat berjalan dengan baik, Hutama Karya pada prinsipnya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memperketat protokol COVID-19 di ruas tol dan Rest Area yang dikelolanya.

Baca Juga: Ini lima kriteria BUMN dapat dukungan investasi dari pemerintah

“Kami mewajibkan seluruh petugas tol menggunakan masker, faceshield, sarung tangan, dan manset, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di Gerbang Tol, Gedung Kantor dan Rest Area," tambah Aries.

Hutama Karya juga menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum melintas di jalan tol. Jika pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, pengguna dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps dan mengecek fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×