Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Industri otomotif di Indonesia memang cukup menjanjikan. Tingginya daya beli masyarakat Indonesia menyebabkan para pelaku beradu straregi untuk semakin meluaskan pasar. KIA, salah satu produsen otomotif di Indonesia asal Korea, mempunyai strategi dan target tersendiri untuk pasar nasional tahun ini.
"Tahun lalu (2012) penjualan kita mencapai 13.651 unit. Tahun ini kami menargetkan naik 20%-40%," kata Harry Yanto, Sales & Marketing Development Manager PT KIA Mobil Indonesia kepada KONTAN di Jakarta, Rabu (29/5).
Untuk mencapai target tersebut, KIA mengandalkan dua lini produk terbarunya yakni All New Sorento dan All New Carens. All New Sorento adalah mobil jenis sport utility vehicle (SUV) yang baru diluncurkan ke pasar pada 9 April lalu. Sementara itu, All New Carens adalah mobil jenis medium multi purpose vehicle (MPV) yang baru akan diluncurkan pada 4 Juni mendatang.
All New Carens yang akan diluncurkan Rabu mendatang (4/6) merupakan Carens generasi ketiga. Carens generasi pertama digelontorkan ke pasar Indonesia pada tahun 2001 lalu. Kemudian, pada tahun 2007 KIA menghentikan penjualannya lantaran kalah saing dengan kompetitor. Kini Carens hadir kembali dengan mesin serta konsep baru yang diharapkan dapat bersaing ketat dengan Toyota Kijang Innova, si jawara medium MPV.
Secara keseluruhan, KIA akan meluncurkan kembali beberapa varian mobil baru di tahun ini. Sayangnya, Harry masih enggan membeberkannya lebih lanjut.
Adapun hingga bulan April ini, Harry bilang penjualan KIA telah mencapai 4.029 unit.
"Jaringan diler kami sekarang sudah mencapai 55 unit. Pada akhir tahun kemarin baru 52 unit," pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News