kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45974,33   -17,61   -1.78%
  • EMAS991.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

53.000 Kendaraan Lintasi Gerbang Tol Palimanan Saat Malam Natal


Minggu, 26 Desember 2021 / 06:18 WIB
53.000 Kendaraan Lintasi Gerbang Tol Palimanan Saat Malam Natal
ILUSTRASI. Kendaraan pemudik melintas menuju gerbang Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (24/12/2020). 53.000 Kendaraan Lintasi Gerbang Tol Palimanan Saat Malam Natal


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 53.000 kendaraan melintasi Gerbang Tol (GT) Palimanan di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) saat malam Natal 2021 atau H-1 Natal, Jumat (24/12/2021). 

General Manager Operation Astra Tol Cipali Suyitno mengatakan, angka ini mengalami kenaikan 16,36% dibandingkan lalu lintas (lalin) normal. 

"Volume lalin di Tol Cipali mengalami peningkatan 16,36% dibandingkan normal," ujar Suyitno dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/12/2021). 

Saat malam Natal, Astra Tol Cipali mengoptimalkan bukaan gardu di GT Palimanan sebanyak tujuh gardu utama dan dua gardu satelit. Suyitno mengungkapkan, bukaan gardu ini tentunya akan terus disesuaikan dengan kondisi di lapangan. 

Baca Juga: Lalu Lintas di Puncak Bogor Akan Dialihkan Selama 12 Jam Saat Malam Pergantian Tahun

Tol Cipali juga memaksimalkan sejumlah armada layanan lalin yang terdiri dari 12 unit mobil Patroli, lima unit ambulans, dan dua unit mobil rescue. 

Tidak hanya itu, perusahaan juga menyiapkan enam unit kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR) bersinergi dengan kepolisian wilayah setempat, serta 12 unit kendaraan derek.  "Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi lonjakan kendaraan di Tol Cipali," tambah Suyitno. 

Pada libur Natal 2021 dan tahun baru 2022, Astra Tol Cipali juga menyosialisasikan gerkan Ayo Aman Berkendara kepada seluruh pengguna jalan tol. 

Baca Juga: Jasa Marga: Sudah 1,1 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek Jelang Natal

Ini dilakukan melalui fasilitas pendukung seperti Variable Message Sign (VMS), spanduk, dan platform media sosial yang berisi imbauan keselamatan berkendara. 

Suyinto mengimbau agar para pengendara selalu memantau lalin di rute yang akan dilaluinya agar perjalanan menjadi nyaman.Perhatikan hal-hal terkait keselamatan seperti memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan fokus pada rambu lalin. 

"Dan bila perlu pasang aplikasi google maps atau waze untuk mengetahui posisi," pungkas Suyitno.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "H-1 Natal, 53.000 Kendaraan Lintasi GT Palimanan di Tol Cipali"
Penulis : Suhaiela Bahfein
Editor : Hilda B Alexander

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×