kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Aceh sampai Lampung bisa tersambung jalan tol lima tahun lagi


Rabu, 14 Agustus 2019 / 16:22 WIB

Aceh sampai Lampung bisa tersambung jalan tol lima tahun lagi
ILUSTRASI. Proyek Infrastruktur jalan tol PT Hutama Karya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar baik buat masyarakat Sumatra. Dalam lima tahun mendatang, pemerintah memasang target, Aceh hingga Lampung sudah bisa tersambung lewat jalan tol.

"Kami menargetkan, dari Aceh sampai dengan Lampung bisa tersambung melalui Jalan Tol TransSumatra," kata Danang Parikesit, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), kepada KONTAN belum lama ini.

Bulan depan, Ruas Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung bakal beroperasi penuh. Pemerintah akan meresmikan jalan bebas hambatan sepanjang 189 kilometer (km) ini pada September 2019 nanti.

Ruas tol tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol TransSumatra yang pembangunannya menelan investasi mencapai Rp 21,95 triliun. “Pada Lebaran lalu, ruas tol ini sudah digunakan fungsional untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik. Saat ini, progres konstruksinya sudah sebesar 94,33%,” ujar Danang.

Jalan Tol TransSumatra adalah jaringan jalan tol dengan panjang total 2.818 km, yang akan menghubungkan kota-kota di Pulau Sumatra, dari Aceh hingga Lampung. Beberapa ruas yang sudah beroperasi, misalnya Bakauheni-Terbanggi Besar dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar memiliki panjang 140,9 km yang proses konstruksinya memakan waktu empat tahun. Jalan tol yang pembangunannya melahap investasi Rp 16,8 triliun ini mulai beroperasi Maret 2019 lalu.

Sementara Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dengan panjang 61,8 km juga beroperasi penuh Maret 2019 lalu. Tapi, Ruas Parbarakan-Sei Rampah sepanjang 41,7 km sudah beroperasi Oktober 2017.


Reporter: Ragil Nugroho
Editor: S.S. Kurniawan

Video Pilihan


Close [X]
×