kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,87   4,27   0.43%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada rumor sejumlah pilot di PHK, Garuda Indonesia akhirnya angkat bicara


Selasa, 02 Juni 2020 / 04:15 WIB
Ada rumor sejumlah pilot di PHK, Garuda Indonesia akhirnya angkat bicara


Reporter: kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada kabar tak sedap menerpa PT Garuda Indonesia Tbk. Yakni, maskapai penerbangan nasional itu telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap para pilotnya. 

Melansir Kompas.com, menanggapi informasi itu, manajemen Garuda Indonesia memberikan penjelasan terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah pilot. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra membenarkan adanya PHK yang dilakukan perseroan terhadap sejumlah pilot. Perseroan memutuskan untuk mempercepat penyelesaian kontrak kerja pilot. 

"Pada dasarnya kebijakan yang Garuda Indonesia berlakukan adalah penyelesaian lebih awal atas kontrak kerja pegawai dengan profesi penerbang dalam status hubungan kerja waktu tertentu," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (1/6/2020). 

Baca Juga: Sepekan terakhir, Garuda terbang sendirian, ini hasilnya

Lebih lanjut Irfan memastikan, maskapai pelat merah tersebut tetap membayarkan dan memenuhi seluruh kewajibannya sesuai waktu kontrak yang disepakati. Langkah tersebut diambil merespon anjloknya jumlah penumpang penerbangan selama masa pandemi Covid-19. 

"Adapun kebijakan tersebut dilakukan sebagai langkah berkelanjutan yang perlu ditempuh dalam upaya menyelaraskan supply and demand operasional penerbangan yang saat ini terdampak signifikan imbas pandemi Covid-19," tuturnya. 

Baca Juga: Ini rute yang paling banyak dituju penumpang Garuda Indonesia selama PSBB

Irfan memastikan pihaknya sudah melakukan berbagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengambil langkah tersebut. Selain itu, dia juga mengakui PHK terhadap sejumlah pilot merupakan keputusan yang sulit. 

"Namun demikian, kami yakin Garuda Indonesia akan dapat terus bertahan dan kondisi operasional perusahaan akan terus membaik dan kembali kondusif sehingga mampu melewati masa yang sangat menantang bagi industri penerbangan saat ini," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beredar Kabar Sejumlah Pilot Di-PHK, Ini Penjelasan Garuda Indonesia"
Penulis : Rully R. Ramli
Editor : Bambang P. Jatmiko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×