kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada SPBU Berlakukan Pembatasan Pembelian Pertalite, Ini Penjelasan BPH Migas


Selasa, 02 Mei 2023 / 18:22 WIB
Ada SPBU Berlakukan Pembatasan Pembelian Pertalite, Ini Penjelasan BPH Migas
ILUSTRASI. BPH Migas membenarkan adanya SPBU yang membatasi pembelian Pertalite selama masa Libur Lebaran 2023.. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) membenarkan adanya SPBU yang membatasi pembelian Pertalite selama masa Libur Lebaran 2023.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengungkapkan, pihaknya saat ini memang masih menanti rampungnya Revisi Peraturan Presiden (Perpres) 191/2014 yang mengatur tentang pembatasan volume pembelian Pertalite.

Meski demikian, BPH Migas memperbolehkan Pertamina untuk mengatur pembelian Pertalite sesuai kuota masing-masing daerah operasi.

Baca Juga: Konsumsi BBM Meningkat Signifikan Selama Arus Mudik Lebaran 2023

"Masing-masing daerah punya kuota masing-masing jadi kami meminta kepada derah untuk mengamankan kuota tersebut jadi kami mempersilahkan bagaimana mereka mengatur supaya kuotanya cukup," kata Erika dalam Konferensi Pers, Selasa (2/5).

Menurutnya, setiap daerah memiliki ketentuan masing-masing, misalnya ada yang membatasi volume pembelian maksimum sebesar Rp 150 ribu, ada yang Rp 400 ribu.

"Kalau daerah merasa itu perlu untuk menjaga kuota cukup sampai akhir tahun, itu dipersilahkan," jelas Erika.

Baca Juga: Realisasi Konsumsi Pertalite Mencapai 28,44%, Pertamina Sebut Kuota Aman

Sementara itu, SVP Retail Fuel Sales Pertamina Patra Niaga Pramono menjelaskan, pembatasan bisa saja dilakukan sebagai strategi untuk mengurai antrean kendaraan di SPBU.

"(Jika) kondisi sudah cukup padat sehingga di lokasi tertentu ada pembatasan," jelas Pramono dalam kesempatan yang sama.

Meski demikian, Pramono menegaskan kebijakan ini berbeda dengan program subsidi tepat yang kini tengah digalakkan Pertamina khusus untuk Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar atau solar subsidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×