kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akida minta pemerintah lindungi industri kimia anorganik melalui pembatasan impor


Kamis, 01 Agustus 2019 / 22:02 WIB
Akida minta pemerintah lindungi industri kimia anorganik melalui pembatasan impor


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Kimia Dasar Anorganik Indonesia (Akida) menggelar acara Akida Gathering Q3 2019 di Gedung Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada Kamis (1/8). Dalam acara tersebut, Akida memberikan sejumlah usulan kepada pemerintah.

Usulan pertama, Akida berharap pemerintah untuk memberikan insentif berupa keringanan pajak dan kemudahan perizinan bagi pelaku industri kimia yang ingin melakukan penambahan kapasitas.

Selain itu, Akida juga berharap pemerintah untuk melindungi industri kimia anorganik melalui pembatasan impor produk-produk kimia anorganik yang sudah tersedia di dalam negeri ataupun melalui pemberlakuan batasan nontarif seperti SNI wajib.

Baca Juga: Produksi industri kimia dasar diprediksi hanya tumbuh 5% tahun ini

Selanjutnya, Akida juga mengusulkan agar harga gas bisa dijaga agar selalu kompetitif. Terakhir, AKIDA berharap pihaknya dapat bekerja sama secara terus-menerus dengan pihak kepolisian guna mengamankan kegiatan industri kimia anorganik di dalam negeri.

Sebagai informasi, Akida merupakan asosiasi produsen bahan-bahan kimia anorganik yang memiliki anggota sebanyak 30 perusahaan manufaktur kimia dasar anorganik.

Bahan kimia yang diproduksi oleh anggota asosiasi ini merupakan bahan baku utama dari produk-produk yang dihasilkan oleh industri besar, kecil, maupun menengah seperti industri makanan dan minuman, tekstil, serat sintetis, dan sebagainya.

Baca Juga: Ini harapan pelaku industri kimia kepada presiden dan wakil presiden terpilih

Pemaparan usulan-usulan di atas dilakukan sebagai bentuk upaya untuk menjaga industri kimia dasar anorganik dalam negeri. Menurut Ketua Akida Michael Susanto Pardi, industri kimia anorganik memiliki peranan yang penting dalam kelangsungan sektor industri dalam negeri.

Dengan demikian, industri kimia anorganik dalam negeri perlu dijaga agar sektor industri hilir di Indonesia tidak bergantung pasa pasokan bahan baku kimia dasar anorganik dari luar negeri. “Itu yang menurut saya jangan terjadi,“ tegas Michael.

Dalam acara yang sama, Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKTF) Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan bahwa perkembangan industri kimia dasar anorganik dalam negeri pada 10 tahun belakangan cenderung kurang menggembirakan. Hal ini dikarenakan adanya arus impor bahan baku kimia dasar anorganik yang besar.

Baca Juga: Akida: Industri harus sinergi dengan penelitian kampus ITB




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×