kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Alfamart (AMRT) fokus peningkatan penjualan di gerai eksisting


Senin, 19 Agustus 2019 / 19:37 WIB
Alfamart (AMRT) fokus peningkatan penjualan di gerai eksisting
Anggara Hans Prawira, Dirut Alfaria Trijaya (AMRT)

Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) pada tahun ini menargetkan pertumbuhan penjualan 10%. Sampai semester I 2019, penjualan AMRT tumbuh 10,19% dari Rp 32,82 triliun di semester I 2018 menjadi Rp 36,16 triliun. Laba bersih di periode itu secara year on year tumbuh 83,58% dari Rp 218,08 miliar menjadi Rp 400,36 miliar.

Direktur Utama AMRT Anggara Hans Prawira menjelaskan, tahun ini upaya peningkatan penjualan bakal lebih didorong dari penjualan gerai eksisting. Sampai semester I 2019, gerai Alfamart AMRT sudah sebanyak 13.844 atau bertambah 169 gerai dibandingkan dengan akhir tahun 2018. Diharapkan tren di semester I 2019 bakal terus bertahan agar target pertumbuhan penjualan 10% tercapai.

Baca Juga: Alfaria Trijaya (AMRT) baru buka 169 gerai di semester I-2019

Salah satu strategi AMRT dalam peningkatan penjualan gerai eksisting dengan memanfaatkan pengembangan digital. Misalnya AMRT justru melakukan inovasi untuk menambah muatan penjualan lewat aplikasi Alfagift.

Aplikasi itu memungkinkan AMRT merekam data belanja rutin ke konsumen. Selain bisa memudahkan manajemen dalam melakukan penawaran barang, aplikasi itu juga bakal memudahkan supplier dalam mempromosikan barang yang dijual lewat Alfamart. “Kita percaya data konsumen itu aset strategis,” kata Hans pada Senin (19/8).

Selain itu, pengembangan aplikasi Alfagift disebut Hans tidak memakan banyak belanja modal. Hans tidak menyebut berapa jumlah investasi AMRT pada Alfagift. “Minor investment karena aplikasi ini sifatnya upgrade dan sudah ada,” terangnya.

Baca Juga: Alfamart luncurkan versi terbaru Alfagift, targetkan pengunduh 5 juta

Tahun ini, AMRT menyiapkan belanja modal sebesar Rp 2 triliun yang salah satunya untuk penambahan 500 gerai. Selain itu, tahun 2019 ini belanja modal itu juga bakal dialokasikan untuk perpanjangan kontrak sewa gerai yang telah habis. Menurut Hans, umumnya terdapat kenaikan biaya sewa gerai di berbagai daerah.


Tag


TERBARU

Close [X]
×