kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apkrindo: Ada sedikit kenaikan penjualan di awal Ramadan tahun ini


Kamis, 15 April 2021 / 21:32 WIB
Apkrindo: Ada sedikit kenaikan penjualan di awal Ramadan tahun ini
ILUSTRASI. Suasana aktifitas salah satu restoran di mal Tangerang Selatan ./pho KONTAN/Carolus Agus waluyo/09/03/2021..


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengusaha kafe dan restoran menjumpai tanda-tanda pemulihan bisnis. Hal ini tercermin dari informasi akan adanya kenaikan mini omset penjualan yang diterima Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) dari anggota asosiasi pada awal bulan Ramadhan tahun ini.

Ketua Umum Apkrindo, Eddy Sutanto mengatakan, omset penjualan pengusaha kafe dan resto biasanya mengalami penurunan di bulan Ramadhan lantaran frekuensi kunjungan pelanggan yang menyusut. 

Angka penurunannya berkisar 10%-15% pada kondisi normal, sedang pada Ramadhan tahun lalu penurunannya bisa mencapai 50%. “Kalau puasa kan satu meja paling hanya bisa terisi paling banyak 2 kali,” ujar Eddy kepada Kontan.co.id, Kamis (15/4).

Berbeda dengan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, omset penjualan pengusaha restoran dan kafe justru sedikit meningkat dibanding biasanya pada bulan Ramadhan kali ini. 

Baca Juga: Soal aturan royalti lagu dan musik, PHRI: Seharusnya ada klasifikasi jenis hotel

Eddy menduga, hal ini lantaran masyarakat sudah mulai jenuh dan ingin keluar rumah  serta mulai berjalannya program vaksinasi Covid-19. Hanya saja, Eddy tidak mengungkap berapa kenaikan yang dijumpai lantaran belum mendapat informasi mendetail dari anggota.

“Sebelum dan sesudah (adanya) vaksinasi terasa beda, kalau dulu (pengusaha kafe dan resto) mengandalkan delivery, sekarang ada penambahan dari yang dine-in, jadi orang datang makan di tempat ke restoran,” papar Eddy.

Menimbang prospek yang ada, Eddy berharap omset pengusaha kafe dan restoran bisa tumbuh minimal 25% dibanding tahun lalu. Asal tahu saja, menurut catatan Eddy, omset penjualan pengusaha kafe dan restoran merosot hingga 70% dari angka penjualan normal saat sebelum pandemi Covid-19.

Selanjutnya: Survei BI: Kegiatan dunia usaha meningkat di kuartal I 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×