kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astra dan Toyota Bentuk Perusahaan Patungan Penyewaan Kendaraan Komersial


Jumat, 29 Juli 2022 / 17:52 WIB
Astra dan Toyota Bentuk Perusahaan Patungan Penyewaan Kendaraan Komersial
ILUSTRASI. Logo PT Astra International Tbk ASII di puncak gedung?Menara Astra, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Astra dan Toyota membentuk perusahaan patungan penyewaan kendaraan komersial dengan pelayanan lengkap.


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Arya Kharisma (AKH), anak perusahaan dari PT Astra International Tbk (Astra), serta Toyota Motor Asia Pacific Pte Ltd (TMAP), anak perusahaan dari Toyota Motor Corporation (TMC), mengumumkan pembentukan perusahaan patungan, Jumat (29/7).

Perusahaan joint venture (JV) dengan porsi kepemilikan 50:50 tersebut menyediakan jasa penyewaan kendaraan komersial dengan pelayanan lengkap (full service rental), dengan nama PT Mobilitas Digital Indonesia. Perusahaan patungan ini ditargetkan mulai beroperasi pada kuartal keempat tahun 2022.

Pemulihan perekonomian nasional menunjukkan potensi pasar pada sektor transportasi dan logistik. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), salah satu pendorong pemulihan pertumbuhan ekonomi nasional adalah sektor transportasi dan pergudangan/logistik.

Baca Juga: Laba Bersih ASII Melonjak 105,77% di Semester I 2022

Pada kuartal I tahun 2022, sektor transportasi dan logistik tumbuh 15,79%, tertinggi dibandingkan sektor-sektor lainnya dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 4,62%.

“Pembentukan JV ini akan memperluas dan memperkuat kemitraan antara Astra dan Toyota. Kami berharap PT Mobilitas Digital Indonesia dapat berperan dalam meningkatkan kelancaran mobilitas arus distribusi dan transportasi di Indonesia, sehingga dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia,” ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro dalam keterangan tertulis, Jumat (29/7).

Pada tahap awal, JV ini akan fokus menjalankan usaha penyewaan kendaraan komersial di Pulau Jawa.

"Seluruh masyarakat umum termasuk pelaku usaha skala kecil hingga besar dapat menikmati penyewaan kendaraan komersial yang efektif, efisien dan berdaya saing yang disediakan oleh PT Mobilitas Digital Indonesia,” imbuh Presiden Direktur AKH Gidion Hasan.

Sementara, Chief Executive Officer TMC Region Asia dan Presiden TMAP Hao Quoc Tien bilang, JV ini adalah pilar yang tidak terpisahkan dalam strategi Toyota untuk mewujudkan visi Toyota ‘Mobility for All’ di Asia.

"Astra adalah mitra lama kami yang terpercaya, dan saya senang bahwa kami memasuki fase baru dari kolaborasi kami dengan perusahaan baru ini. Saya yakin bahwa kami akan dapat berkontribusi pada ‘mass production of happiness’ di Indonesia, dengan menyediakan solusi mobilitas yang efisien dan berkualitas,” ujar Hao Quoc Tien.

Baca Juga: Laba Astra International (ASII) Melonjak 105% pada Semester I, Berikut Penopangnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×