kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.098.000   -17.000   -0,80%
  • USD/IDR 16.571   109,00   0,66%
  • IDX 8.008   -16,75   -0,21%
  • KOMPAS100 1.116   -7,41   -0,66%
  • LQ45 809   -5,92   -0,73%
  • ISSI 276   0,10   0,04%
  • IDX30 421   -3,05   -0,72%
  • IDXHIDIV20 483   -7,14   -1,46%
  • IDX80 123   -0,71   -0,57%
  • IDXV30 132   -1,87   -1,40%
  • IDXQ30 134   -2,10   -1,54%

Astra Otoparts (AUTO) Genjot Capex untuk Otomasi dan Ekspansi Produksi


Senin, 16 Juni 2025 / 19:50 WIB
Astra Otoparts (AUTO) Genjot Capex untuk Otomasi dan Ekspansi Produksi
ILUSTRASI. Display produk suku cadang kendaraan di booth PT Astra Otoparts Tbk (AUTO)  pada pameran otomotif GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang (27/7/2024). AUTO mengakui kegiatan usaha perdagangan yang menyasar suku cadang pengganti atau Replacement Market (REM) mengalami peningkatan. REM merupakan pasar tempat konsumen membeli produk atau komponen pengganti atas komponen kendaraan mereka yang telah usang dan rusak. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Leni Wandira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) merealisasikan belanja modal (capex) senilai Rp142,9 miliar hingga akhir kuartal I/2025.

Direktur AUTO Sophie Handili menyebut capex tersebut banyak digunakan untuk pemeliharaan fasilitas produksi dan penguatan infrastruktur distribusi.

“Capex kami difokuskan untuk efisiensi produksi dan distribusi yang lebih tangguh dalam menghadapi tantangan pasar,” ujar Sophie kepada Kontan.co.id, Senin (16/6).

Baca Juga: Dividen Astra Otoparts (AUTO) Rp 133 per saham, Potensi Yield 6%

Memasuki kuartal II/2025, AUTO mulai mengalihkan fokus capex ke area strategis seperti otomasi lini produksi, digitalisasi sistem distribusi, serta ekspansi kapasitas untuk memenuhi permintaan ekspor yang meningkat.

AUTO juga menyiapkan belanja modal untuk pengembangan produk baru, termasuk komponen kendaraan elektrifikasi serta diversifikasi ke sektor non-otomotif.

“Seluruh arah penggunaan capex tetap sejalan dengan strategi jangka panjang: memperkuat daya saing operasional, memperluas pasar, dan mendorong inovasi,” tambah Sophie.

Saat ini AUTO mengoperasikan 55 pabrik di dalam negeri dan lima pabrik di luar negeri yang tersebar di China, Vietnam, dan Filipina.

AUTO juga terus mengembangkan jaringan ritel dengan total 611 gerai, terdiri dari Shop & Drive, Shop & Bike, Astra Otoservice, Motoquick, hingga Super Shop & Drive.

Baca Juga: Astra Otoparts (AUTO) Setujui Pembagian Dividen Rp 915,74 Miliar dari Laba Tahun 2024

AUTO mencatat kenaikan laba bersih 6,43% secara tahunan (YoY) menjadi Rp505,57 miliar pada kuartal I/2025, dari Rp475,02 miliar di periode yang sama tahun lalu.

Pendapatan bersih juga tumbuh 6,45% YoY menjadi Rp4,89 triliun, dengan kontribusi dari segmen manufaktur Rp2,63 triliun dan perdagangan Rp2,25 triliun.

Penjualan kepada pihak ketiga lokal naik 4,34% YoY menjadi Rp2,71 triliun, sementara ekspor meningkat menjadi Rp437,07 miliar dari Rp397,19 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Business Contract Drafting GenAI Use Cases and Technology Investment | Real-World Applications in Healthcare, FMCG, Retail, and Finance

[X]
×