kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Asuransi Jasindo: Hingga Juli sebanyak 87.419 ekor sapi terlindungi asuransi


Minggu, 04 Agustus 2019 / 17:03 WIB
Asuransi Jasindo: Hingga Juli sebanyak 87.419 ekor sapi terlindungi asuransi

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Realisasi Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) hingga Juli 2019 telah mencapai 87.419 ekor sapi dari target sebesar 120.000 ekor sapi tahun ini. PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) mencatat, total nilai preminya sebesar Rp 17,48 miliar.

Angka tersebut sudah hampir mendekati realisasi AUTS sepanjang 2018, dimana sapi yang terlindungi program AUTS mencapai 88.673 ekor dengan nilai premi sebesar Rp 17,73 miliar.

Baca Juga: Hingga Juni, realisasi KUR sektor peternakan capai Rp 3,42 triliun

Head of Commercial Group Head Asuransi Pertanian, Mikro & Program Pemerintah Jasindo M. Iqbal mengatakan, dari realisasi keikutsertaan AUTS tahun ini, sudah terdapat peternak yang mengajukan klaim atas sapinya.

Berdasarkan data Jasindo, hingga Juli, nilai klaim yang sudah dibayarkan sebesar Rp 2,53 miliar.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 13/2018 tentang Pedoman Bantuan Premi Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau, risiko yang dijamin oleh AUTS adalah sapi/kerbau yang mati karena penyakit, sapi/kerbau yang mati karena kecelakaan, sapi/kerbau yang mati karena beranak dan sapi/kerbau yang hilang karena kecurian.

Baca Juga: Pemkab Magetan: kerugian petani akibat kekeringan capai Rp 13 miliar

"Sapi itu memang rentan. Jadi Kalau dia salah makan, keracunan, jatuh lalu patah tulang, kita cover. Kita juga mengcover pencurian, tetapi yang pencurian tidak banyak, kebanyakan itu karena penyakit," tutur Iqbal, Kamis (1/8).




TERBARU

Close [X]
×