kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Awal tahun, total nilai penjualan 14 marketplace terbesar RI capai Rp 23,27 triliun


Kamis, 12 Maret 2020 / 19:57 WIB
Awal tahun, total nilai penjualan 14 marketplace terbesar RI capai Rp 23,27 triliun


Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki zaman digital, saat ini berbelanja bisa hanya dengan sekali klik lewat e-commerce. Seiring dengan perkembangan ini, Bank Indonesia (BI) mencatat nilai penjualan empat marketplace terbesar dan 14 marketplace terbesar di Indonesia.

Pada Januari 2020, bank sentral mencatat total nilai penjualan empat marketplace terbesar di Indonesia sebesar Rp 19,15 triliun. Sementara, penjualan gabungan dari 14 marketplace besar menyentuh angka Rp 23,27 triliun.

Akan tetapi, bila dibandingkan dengan bulan Desember 2019, angka penjualan tersebut mengalami penurunan. Pasalnya, penjualan empat marketplace terbesar pada akhir tahun 2019 lalu mencapai Rp 19,99 triliun dan 14 marketplace besar sebesar Rp 25,35 triliun.

Baca Juga: Ini dia start up yang bisa bantu urusan ekspor menjadi simpel dan mudah

Menurut Direktur Eksekutif Statistik BI Yati Kurniati, penurunan dari bulan sebelumnya merupakan faktor musiman. Di mana bulan Desember selalu mencatatkan penjualan yang tinggi karena ada momen Natal dan libur menjelang Tahun Baru.

"Plus banyak promo di e-commerce seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Sementara di bulan Januari penjualan normal kembali, tidak banyak promo dari e-commerce," kata Yati kepada Kontan.co.id, Kamis (12/3).

Yati juga menambahkan bahwa ini pun sejalan dengan hasil survei konsumen BI yang menunjukkan optimisme konsumen pada Januari 2020 yang menurun. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada awal tahun yang sebesar 121,7 atau lebih rendah dari IKK Desember 2019 yang sebesar 126,4.

"Ini juga baik karena keyakinan yang menurun terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, maupun ekspektasi kegiatan usaha," tambah Yati.

Baca Juga: Efek corona, Shopee sentil penjual masker dengan harga kelewat tinggi

Meski menurun bila dibandingkan bulan sebelumnya, jumlah transaksi e-commerce di awal tahun ini rupanya masih cukup tinggi bila dibandingkan dengan jumlah transaksi pada awal tahun lalu.

Pada Januari 2019, total nilai transaksi empat marketplace terbesar di Indonesia sebesar Rp 12,12 triliun dan total nilai transaksi 14 marketplace besar sebesar Rp 15,14 triliun. Sayangnya, belum ada keterangan pasti dari BI terkait hal ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×