kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banyak Keluhan pada Rocky dan Raize, Mulai Malfungsi Indikator dan Komponen Kaki-kaki


Kamis, 27 Januari 2022 / 07:41 WIB
Banyak Keluhan pada Rocky dan Raize, Mulai Malfungsi Indikator dan Komponen Kaki-kaki
ILUSTRASI. Mulai ada keluhan dari para pengguna, baik Rocky dan Raize di Tanah Air.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di Indonesia, mobil Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, menjadi salah satu low sport utility vehicle (LSUV) yang cukup diminati. 

Selain tampilan yang sporty dan compact, mesin turbo 1.000 cc juga menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi, dari sisi harga keduanya memang menggoda. 
Dengan beragam teknologi dan fitur baru yang cukup advance, banderol yang ditawarkan masih di bawah Rp 300 juta. 

Namun, seiring dengan perkembangan dari populasinya. Mulai ada keluhan dari para pengguna, baik Rocky dan Raize di Tanah Air. Salah satu yang paling sering dibahas di media sosial, seperti di Group Facebook Raize Rocky Indonesia, yakni kemunculan peringatan pada layar meter cluster bertuliskan malfungsi, atau "Engine Control System Malfunction, Visit Your Dealer". 

Ketika mengonfirmasi hal ini, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, munculnya peringatan malfungsi pada indikator umumnya disebabkan kebisaan saat memindahkan tuas transmisi. 

Baca Juga: Toyota Andalkan Rush, Fortuner, Hingga Raize di Segmen Mobil SUV

"Biasanya terjadi karena menggeser tuas transmisi secara tanggung, misal dari P ke R. Jadi seperti ada jeda atau pelan-pelan, kalau pengemudi menggeser tuas tidak tanggung, sensor tidak akan membaca eror atau malfungsi," ujar Didi kepada Kompas.com, Minggu (23/1/2022). 

Meski indikator muncul, Didi memastkan bila hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena tak mempengaruhi performa dan kinerja dari mesin, termasuk transmisi. Peringatan malfungsi sendiri pada beberapa kasus ada yang hilang dengan sendirinya, ada juga yang tidak. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Didi menyarankan pengguna Raize untuk datang ke diler resmi. 

Baca Juga: Toyota Astra Motor (TAM) Sebut Mobil Segmen SUV Punya Prospek Menjanjikan




TERBARU

[X]
×