kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.508.000   10.000   0,67%
  • USD/IDR 15.930   -61,00   -0,38%
  • IDX 7.141   -39,42   -0,55%
  • KOMPAS100 1.095   -7,91   -0,72%
  • LQ45 866   -8,90   -1,02%
  • ISSI 220   0,44   0,20%
  • IDX30 443   -4,74   -1,06%
  • IDXHIDIV20 534   -3,94   -0,73%
  • IDX80 126   -0,93   -0,74%
  • IDXV30 134   -0,98   -0,72%
  • IDXQ30 148   -1,09   -0,73%

Begini Strategi Campina Ice Cream (CAMP) Maksimalkan Penjualan di Sisa Tahun 2023


Minggu, 03 Desember 2023 / 11:32 WIB
Begini Strategi Campina Ice Cream (CAMP) Maksimalkan Penjualan di Sisa Tahun 2023
ILUSTRASI. Campina Ice Cream (CAMP) terus menggenjot penjualan di sisa tahun 2023


Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manajemen PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP) berupaya memaksimalkan penjualan es krim di sisa tahun ini. Salah satu strateginya yakni menekankan penjualan pada produk-produk yang berharga lebih murah.

Direktur Campina Ice Cream Adji Andjono Purwo memaparkan, situasi daya beli setelah bulan Juli dan Agustus 2023 cukup menurun. Untuk itu, CAMP berusaha mengimbangi penurunan  daya beli tersebut dengan menekankan penjualan pada produk-produk murah.

“Strategi ini lumayan membuahkan hasil pada bulan Oktober tahun 2023,” ungkap Adji, kepada Kontan.co.id, Selasa (28/11).

Apabila menilik laporan keuangan, penjualan CAMP tumbuh tipis 1,65% year on year (YoY) menjadi Rp 872,97 miliar hingga kuartal ketiga tahun ini. Di mana, pada posisi yang sama tahun lalu, penjualan CAMP tercatat senilai Rp 858,73 miliar.

Baca Juga: Campina Ice Cream Industry (CAMP) Bidik Pertumbuhan Kinerja 10% pada 2024

Dari sisi bottom line, laba tahun berjalan mencapai Rp 112,20 miliar. Angka ini juga meningkat dari laba bersih di periode yang sama tahun lalu senilai Rp 104,69 miliar.

Namun demikian, penjualan CAMP di dua bulan terakhir tahun 2023 juga dapat terpengaruh oleh faktor seasonal, yakni musim hujan.

Makumlah, musim hujan yang sudah mulai memasuki beberapa wilayah di Indonesia biasanya menurunkan keinginan konsumen untuk membeli es krim.

Begitu pun dengan prospek penjualan pada momen Natal dan Tahun baru. Menurut Adji, menjelang akhir tahun biasanya  akan menjadi salah satu momentum untuk meningkatkan penjualan.

“Namun demikian kita juga harus melihat seberapa besar curah hujan yang terjadi di penghujung tahun tersebut karena akan mempengaruhi mobilitas penduduk dalam merayakan Natal dan Tahun baru serta liburan akhir tahun,” jelasnya. 

 

Campina Ice Cream juga getol merilis produk baru. Secara total, sudah ada enam produk anyar yang dikeluarkan CAMP di sepanjang tahun ini. Beberapa varian es krim baru yang diluncurkan yakni  Campina yakni Tropicana Krez2, Disney Ariel, Cake Series Nastar 90 ml, Strawberry Cheesecake 90ml, dan es krim Hula Hula Alpokat.

“Tahun 2023 kita mengeluarkan 6 produk baru dan menjelang tutup tahun ini sudah tidak ada lagi produk baru yang diluncurkan, karena semua sudah dikeluarkan dalam bulan-bulan terdahulu,” sebut Adji. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×