kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berkat Pertamina SMEXPO 2020, kerajinan tembaga Sidoarjo dilirik pembeli luar negeri


Kamis, 10 September 2020 / 21:40 WIB
Berkat Pertamina SMEXPO 2020, kerajinan tembaga Sidoarjo dilirik pembeli luar negeri
ILUSTRASI. Produk kerajinan tembaga Nio El dari Sidoarjo


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertamina SMEXPO 2020 menjadi jembatan emas bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bisa memasarkan produknya ke pasar dalam negeri maupun mancanegara. Seperti yang dialami Nio El, sebuah UMKM asal Sidoarjo, Jawa Timur penghasil kerajinan aksesoris dari bahan tembaga, yang sukses menarik perhatian banyak orang.

Dalam forum bisnis yang digelar Pertamina SMEXPO 2020 pada Rabu (9/9) kemarin, sejumlah calon pembeli dari berbagai negara merasa tertarik pada hasil karya Nio El.

Salah satunya Fanny, seorang pembeli dari Amerika Serikat yang terlihat sangat antusias untuk menjadikan karya Nio El sebagai aksesoris dalam pagelaran ternama internasional, New York Fashion Show.

"Saya minta katalognya ya. Bagus sekali, choker yang pertama seperti vintage, beautiful. Yang lain-lain bagus dipadu dengan fashion show,” ujar Fanny dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Kamis (10/9).

Baca Juga: Diikuti 3.267 orang di hari pertama, Pertamina SMEXPO 2020 tuai pujian

Bukan hanya Nio El, sejumlah UMKM mitra binaan Pertamina lainnya juga berkesempatan memasarkan produknya melalui forum bisnis kali ini. Mulai dari batik tulis, songket, kerajinan patung, sepatu dan sandal, aksesoris, hingga kerajinan logam.

Produk UMKM tersebut berasal dari berbagai wilayah seperti Bogor, Jawa Barat, Semarang, Jawa Tengah, Madura, Jawa Timur, Ternate, Maluku Utara, dan Prabumulih, Sumatra Selatan.

Pada kesempatan tersebut, para pelaku UMKM dapat menjelaskan produk-produknya kepada calon pembeli yang berasal dari berbagai negara. Di antaranya dari Amerika Serikat, Australia, Jerman, Belanda, dan Timur Tengah. 

Para calon pembeli dan diaspora yang dihadirkan dalam forum bisnis ini memiliki beragam profesi dan akses pasar UMKM di masing-masing negaranya.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, Forum Bisnis pada Pertamina SMEXPO 2020 ini memang bertujuan mempertemukan langsung para pelaku UMKM dengan para calon pembeli.

"Memasarkan produk secara digital termasuk ke pasar ekspor, menjadi tren terbaru terutama bagi mitra binaan Pertamina. Kami akan terus menjembatani agar peluang bisnis yang besar ini bisa sukses sehingga pelaku UMKM bisa bangkit menghadapi pandemi Covid-19," tandas dia.

Selanjutnya: Pertamina bidik nilai transaksi Rp 7,5 miliar dari ajang Pertamina SMEXPO 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×