kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bertolak ke China, Menhub Ajak COMAC Berinvestasi di Industri Penerbangan Indonesia


Kamis, 11 Januari 2024 / 23:34 WIB
Bertolak ke China, Menhub Ajak COMAC Berinvestasi di Industri Penerbangan Indonesia
ILUSTRASI. A model of the CR929 airliner developed by CRAIC, a joint-venture between Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC) and Russian United Aircraft Corporation (UAC), is displayed at the China International Aviation and Aerospace Exhibition, or Airshow China, in Zhuhai, Guangdong province, China September 29, 2021. REUTERS/Aly Song


Reporter: Rashif Usman | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertolak ke pabrik produsen pesawat asal China Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC), pada Kamis (11/1).

Dalam kesempatan ke pabrik COMAC di Shanghai, China, Menhub Budi mengajak COMAC untuk berinvestasi mengembangkan industri penerbangan di Indonesia.

Menhub Budi juga berkesempatan menyaksikan langsung proses pembuatan pesawat berteknologi mutakhir dengan pengerjaan yang detil.

"Saya menekankan agar produksi pesawat terbang ini betul-betul mengutamakan kualitas yang lebih aman, efisien, dan ramah lingkungan," kata Menhub dalam siaran pers, Kamis (11/1).

Baca Juga: Bertemu Wamen Transportasi Korsel, Menhub Bahas Pembiayaan LRT Bali

Pada kunjungan itu, Menhub Budi bertemu dengan Chairman & CPC Secretary COMAC He Dongfeng dan menyaksikan penandatanganan kerjasama antara COMAC dengan maskapai dalam negeri TransNusa.

Sebagai informasi, Transnusa merupakan maskapai Indonesia pertama yang menggunakan pesawat buatan COMAC.

"Kami menyambut baik kerja sama yang dilakukan antara kedua belah pihak. Kerja sama ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan penerbangan di Indonesia," ucapnya,

Selain itu, Menhub Budi juga berkesempatan mengunjungi COMAC Aircraft Operation Support Control Center.

Turut hadir dalam kegiatan itu, yakni Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni dan Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal.

Baca Juga: Bertolak ke Korsel dan Tiongkok, Menhub Bahas Kerjasama Perkeretaapian & Penerbangan

Selain bertemu dengan pimpinan COMAC, Menhub juga menemui Menteri Transportasi Tiongkok Li Xiaopeng dan pimpinan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) untuk membahas kelanjutan kerja sama pembangunan transportasi massal kereta api autonomous rail transit (ART) untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Lebih lanjut, Menhub juga diagendakan akan bertemu dengan pimpinan Huawei untuk menjalin peluang kerja sama terkait sistem perkeretaapian yang cerdas dan berteknologi tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×