kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis MICE berkontribusi 9% bagi pendapatan hotel milik Surya Semesta Internusa


Rabu, 26 Agustus 2020 / 16:37 WIB
 Bisnis MICE berkontribusi 9% bagi pendapatan hotel milik Surya Semesta Internusa
ILUSTRASI. Hotel Batiqa atau Batiqa Hotels sebagai bisnis Hotel PT Surya Internusa Hotels dari grup Surya Semesta Internusa Tbk SSIA


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batiqa Hotels, bisnis perhotelan milik PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) mengapresiasi kebijakan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta yang kembali membuka sejumlah sektor yang sebelumnya ditutup akibat wabah corona.

"Kami menyambut baik jika kegiatan meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) sudah diperbolehkan kembali. Namun semua kegiatan MICE ini akan dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan di era new normal baik dari meeting room set up,  penyajian makanan dan minuman serta social distancing," ujar Investor Relation Surya Semesta Internusa Erlin Budiman kepada kontan.co.id, Rabu (26/8).

Erlin menjelaskan, segmen MICE memang masih menjadi andalan bagi pelaku bisnis perhotelan untuk mendongkrak pendapatan hotel karena penyelenggaraan MICE akan melibatkan banyak pihak sehingga menghasilkan efek pendapatan yang berlipat ganda (multiplier effect). Misal, penjualan kamar, makanan dan minuman, SPA, penyewaan peralatan dan lain sebagainya.

"Kalau dilihat dari pendapatan keuntungan (profit) sebelum pandemi Covid-19 terjadi memang MICE besar, tetapi semenjak pandemi ini pendapatan terbesar bisnis kita dari makanan & minuman (food & beverages)," katanya.

Baca Juga: Bisnis hotel Surya Semesta Internusa (SSIA) mulai pulih sejak kembali dibuka

Erlin menyebut, memasuki era new normal ini, secara konsolidasi (Juni-Juli 2020) ada kenaikan untuk  room revenue sebesar 104% dari masa PSBB (April – Mei 2020), dan untuk Banquet secara consolidate ada kenaikan 248% dari masa PSBB. Sementara, kontribusi pendapatan MICE saat ini secara year to date Juli 2020 adalah 9% dari total pendapatan.

"Selain itu untuk peningkatan tamu menginap secara month to date (Juni-Juli 20020) adalah 105% dibandingkan dengan periode PSBB (April-Mei 2020)," kata Erlin.

Untuk menarik pengunjung, sejak pandemic Covid-19 BATIQA Hotels memiliki promo atau paket menginap seperti “Lockhome Promo, Adaptasi Kebiasaan Baru, Save Now Stay Later, Gemilap 17an dan untuk di F&B sendiri BATIQA Hotel promo Bento Delivery dan selama puasa kita menyediakan paket berbuka puasa di rumah.

Saat ini, BATIQA Hotels memberlakukan SOP protocol kesehatan sesuai dengan anjuran Menteri Kesehatan dengan cara, memasang poster protocol kesehatan di area lobby dan restoran sebagai protocol yang harus dan wajib dijalankan oleh para tamu hotel, memasang poster protocol kesehatan di area karyawan sebagai protocol yang harus dan wajib dijalankan oleh seluruh karyawan. Selain itu, tamu yang akan melakukan check in, wajib mengisi health declare form (tersedia dalam QR).

Sementara di area Lobby BATIQA Hotels,tamu akan dimintai untuk mengisi self assessment (health declare form dalam QR), membersihkan semua titik kontak tamu saat check in maupun check out seperti meja front office, mesin EDC, pulpen, tempat penyimpanan kartu kamar ataupun kartu ATM, dan membersihkan food station, meja kasir, meeting room, area gym, hingga internet corner.

Untuk kamar BATIQA Hotels, semua kamar hotel telah dibersihkan dan disanitasi, termasuk telephone, remote TV, kursi, meja, lemari penyimpanan di dalam kamar, wastafel, toilet, dan shower, dan menggunakan sinar ultra violet untuk memastikan kebersihan kamar hotel sesuai standar.

Selain itu, untuk area restoran BATIQA Hotels, diberlakukan pembersihan meja makan, kursi, menu, alas meja, tray untuk menyajikan makanan, tempat penyimpanan gula, host station, dan barang lain yang selalu tersentuh tamu, setiap jam kami selalu membersihkan area Kitchen termasuk peralatan memasak, chiller, dan POS terminal, dan pemberian tanda jaga jarak.

Erlin menjelaskan, ditengah pandemi ini, prioritas kebutuhan tamu menginap telah berubah. Prioritas utama saat ini adalah kebersihan dan kesehatan hotel, karyawan dan produk. Sehingga saat ini BATIQA Hotels fokus terhadap standar operasional berdasarkan protokol kesehatan, dan terus beradaptasi dalam bidang pemasaran, maupun pelayanan kepada tamu yang mengacu pada kebutuhan atau permintaan pelanggan dan kemajuan teknologi.

Baca Juga: Surya Semesta Internusa (SSIA) bukukan pendapatan Rp 1,46 triliun pada semester I

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×