kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.924.000   -21.000   -1,08%
  • USD/IDR 16.319   9,00   0,06%
  • IDX 7.792   185,77   2,44%
  • KOMPAS100 1.105   23,32   2,16%
  • LQ45 823   23,67   2,96%
  • ISSI 258   4,00   1,58%
  • IDX30 426   12,56   3,04%
  • IDXHIDIV20 488   14,77   3,12%
  • IDX80 123   2,78   2,31%
  • IDXV30 127   1,15   0,91%
  • IDXQ30 137   4,21   3,18%

Blibli Perluas Strategi Omnichannel untuk Menjawab Tantangan Kepercayaan Konsumen


Selasa, 12 Agustus 2025 / 18:42 WIB
Blibli Perluas Strategi Omnichannel untuk Menjawab Tantangan Kepercayaan Konsumen
ILUSTRASI. Pengunjung memilih pakaian di salah satu booth pada acara Blibli Fashion Fest the Biggest KOLs Preloves Market di Jakarta, Jumat (5/7/2024). PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) perluas strategi ritel berbasis omnichannel merespons meningkatnya tuntutan konsumen kelas menengah.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) memperluas strategi ritel berbasis omnichannel untuk merespons meningkatnya tuntutan konsumen kelas menengah yang semakin selektif dalam memilih platform belanja.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2024, Indonesia memiliki lebih dari 47,85 juta konsumen kelas menengah dengan karakter digital-savvy. Kelompok ini menginginkan fleksibilitas belanja secara daring, kemudahan mengambil barang di toko fisik, serta jaminan layanan purna jual.

CEO dan Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto, mengatakan pihaknya menempatkan kepercayaan dan pengalaman belanja terpadu sebagai fokus strategi. 

Baca Juga: Blibli (BELI) Perkuat Diferensiasi Layanan di Tengah Ketatnya Persaingan E-commerce

“Pendekatan ekosistem omnichannel yang terintegrasi menjadi kunci dalam memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan pemangku kepentingan,” ujarnya seperti dikutip, Selasa (12/8/2025).

Saat ini, jaringan layanan Blibli mencakup 223 toko fisik elektronik konsumen, 58 gerai supermarket premium Ranch Market, 36 pusat pengalaman home and living Dekoruma, lebih dari 7.000 titik Click & Collect, serta lebih dari 8.000 toko Blibli In-Store. 

Perusahaan juga mengintegrasikan program keanggotaan dan poin loyalitas (Blibli Tiket Rewards).

Di bidang logistik, Blibli mengoperasikan 13 gudang di kota-kota besar dengan total luas lebih dari 200.000 meter persegi, menggunakan model hub-and-spoke. 

Baca Juga: Blibli Tancap Gas di 2025, Tumbuh 20% Meski Dikepung Raksasa Global

Layanan Fulfillment at Speed (FAS) dan Fulfillment by Blibli (FBB) disiapkan untuk mendukung pengiriman cepat dan pemenuhan pesanan dengan tingkat keandalan tinggi.

Untuk layanan pelanggan, Blibli menyediakan jaminan keaslian produk, pengiriman tepat waktu, perlindungan hingga 24 bulan, serta kebijakan retur dengan alasan apa pun. Layanan pelanggan 24 jam juga disediakan untuk menangani keluhan dan pertanyaan pengguna.

Kusumo menambahkan, ke depan perusahaan akan memprioritaskan penguatan kemitraan, penyempurnaan layanan, dan pemanfaatan analisis data guna mengantisipasi kebutuhan konsumen yang terus berubah.

Selanjutnya: Mensos Temukan 100.000 Penerima Bansos Anomali: Ada ASN hingga Dokter

Menarik Dibaca: Jadwal Pertandingan WSG Tirol vs Real Madrid Rabu (13/8): Prediksi, H2H, dan Line Up

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak Executive Macro Mastery

[X]
×