kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BlibliMart menjajakan produk kebutuhan sehari-hari, mulai makanan hingga kosmetik


Selasa, 28 Januari 2020 / 19:33 WIB
BlibliMart menjajakan produk kebutuhan sehari-hari, mulai makanan hingga kosmetik


Reporter: Amalia Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform belanja berbasis online, Blibli, resmi membuka toko offline pertamanya, BlibliMart, untuk publik di Gedung Sarana Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (28/1).

Toko berkonsep 'Scan and Go' ini menyediakan pengalaman berbelanja tanpa keberadaan kasir (cashierless) dan uang tunai (cashless). Seperti halnya toko serba ada, BlibliMart menjajakan produk kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, minuman, kosmetik, peralatan rumah tangga, kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini sepuluh e-commerce paling banyak dikunjungi di 2019, siapa juaranya?

"Proyek perdana toko offline BlibliMart ini adalah perwujudan konsep omni channel Blibli.com. Dengan teknologi Scan and Go, pelanggan bisa pakai aplikasi Blibli untuk memindai harga di kemasan produk, lalu langsung bayar melalui Gopay atau Blipay," jelas Fransisca Krisantia, Senior VP Trade of Partnership Blibli, Selasa (28/1).

Dengan strategi ini pula, Blibli ingin masuk ke segmen Fast-moving Consumer Goods (FMCG), sebab pihaknya melihat pertumbuhan merchant tumbuh sebesar 82% sepanjang 2019.

Cara ini juga strategi Blibli mendekatkan produk kepada pelanggan. Sepanjang 2020, Blibli menargetkan menambah jumlah total warehouse menjadi 21 unit, serta hub dan mobile hub menjadi 43 unit.

Namun pihaknya masih belum bisa membuka target jumlah pembukaan BlibliMart di lokasi lain tahun ini. "Kami belum bisa share target pembukaan Blibli Mart selanjutnya. Namun kami terus melihat potensi lokasi untuk membuka cabang lain, seperti demografi, posisi, perputaran uang, dan lain-lainnya," jelas Fransisca.

Baca Juga: Transaksi Bank Mandiri dan CIMB Niaga di ecommerce tahun 2019 tumbuh pesat

Pihaknya juga terbuka untuk bekerjasama dengan penyedia dompet digital ke depannya.

Tahun ini, Blibli menargetkan pertumbuhan pemesanan (order) tiga kali lipat dan kenaikan gross merchandise valie (GMV) sebesar 2,5 kali lipat. Rencana bisnis tersebut didukung dengan perluasan jumlah produk senilai 2 kali lipat tahun ini.

Sedangkan sepanjang 2019, BlibliMart yang awalnya tersedia secara online untuk publik dan offline hanya untuk karyawan Blibli, juga mencatat pertumbuhan pemesanan sebesar 313% dan GMV sebesar 227% dibandingkan tahun 2018. Pertumbuhan tersebut disokong oleh kenaikan volume produk senilai 300% pada periode yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×