kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BTS Meal McD sukses besar, strategi pemasaran dengan bintang K-pop dianggap efektif


Jumat, 11 Juni 2021 / 14:52 WIB
BTS Meal McD sukses besar, strategi pemasaran dengan bintang K-pop dianggap efektif


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - Pada 9 Juni lalu, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan paket makanan dari McDonald's alias McD bertajuk BTS Meal. 

Masyarakat, khususnya penggemar boyband asal Korea Selatan Bangtan Boys atau BTS, sangat antusias dengan kehadiran BTS Meal. 

Hampir semua gerai McDonald's di Indonesia dipenuhi dengan antrean ojek online (ojol) yang mengular untuk membeli paket makanan berisikan nugget ayam, kentang goreng, dan minuman bersoda ini. 

Antusiasme Army, nama fans dari BTS, di Indonesia bahkan membuat masyarakat Korea Selatan terheran-heran. Banyak dari mereka tidak menyangka kepopuleran BTS bisa mampu membuat antrean yang cukup panjang dan lama. 

Menurut pakar pemasaran Universitas Gadjah Mada (UGM) Bayu Sutikno, menggandeng grup K-pop terkenal merupakan ide pemasaran yang kreatif. 

"Strategi pemasaran ini kreatif di tengah situasi penurunan omzet yang dialami berbagai sektor bisnis termasuk jaringan waralaba selama masa pandemi Covid-19," jelasnya, seperti dilansir dari laman UGM. 

Baca Juga: 16 Universitas terbaik Indonesia versi QS WUR 2022, 3 PTS masuk dalam daftar

Strategi marketing menyasar pada fandom besar

Pemilihan BTS sebagai model McDonald's tentu didasari dengan kepopuleran boyband beranggotakan 7 pemuda ini. BTS merupakan salah satu grup idola Korea Selatan yang memiliki jumlah penggemar atau fans yang cukup banyak. 

Bayu menjelaskan, McD melakukan strategi targeting pemasaran pada Army yang memiliki fandom yang besar dengan anggota lebih dari 18 juta orang. 

Para Army tersebar di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Tidak heran, launching BTS Meal pada Rabu (9/6) lalu disambut hangat oleh Army Indonesia. 

"Para Army memperlakukan BTS sebagai reference utama dan panutan dalam perilakunya setidaknya dalam 4F yakni fashion, fun termasuk musik, film, dan food. Dalam konteks acuan terkait makanan atau food maka mereka meluncurkan BTS Meal," ujar Bayu. 

Strategi yang digunakan McDonald's ini masuk dalam Brand Community Marketing dan Viral Marketing

Hal ini disebabkan BTS Meal menyasar pada konsumen yang spesifik yaitu penggemar BTS. Para Army dikenal memiliki loyalitas yang tinggi pada grup idolanya. 

Baca Juga: BTS puncaki Billboard Hot 100 dengan Butter, siap comeback rilis lagu baru?




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×