Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Layanan purnajual ke konsumen merupakan hal dalam bisnis produk elektronik salah satunya printer. Guna meningkatkan layanannya ke konsumen, Datascrip selaku distributor printer Canon di Indonesia meluncurkan layanan perbaikan yang disebutnya dengan nama "on site."
Layanan "on site" ini adalah; layanan di mana konsumen yang membeli printer Canon bisa meminta jasa teknisi Canon datang ke rumah ataupun kantor, apabila printer yang dibeli mengalami kerusakan.
"Sebelumnya harus menghubungi call center. Kalau sekarang cukup daftar lewat website, nantinya mendapatkan kode booking," terang Heru Chandra, Division Manager Canon PT Datascrip di Jakarta, Selasa (23/4).
Apabila bagian teknis Canon sudah melakukan konfirmasi booking perbaikan printer milik konsumen itu, maka selanjutnya konsumen cukup menunggu jadwal kedatangan si teknisi ke rumah atau ke kantor.
Layanan ini sendiri, terang Heru, baru berjalan selama dua minggu dan baru berlaku untuk area Jakarta saja. Selain itu, pihak Datascrip menilai, tak ada pemberlakuan minimal pembelian printer untuk memberikan layanan ini.
"Semenjak dua minggu diselenggarakan, dalam sehari sudah ada lima transaksi (perbaikan)," jelas Heru. Heru bilang, Datascrip berencana mengembangkan layanan ini ke daerah lainnya. Namun pengembangan layanan itu akan melihat bagaimana respons masyarakat di Jakarta.
Adapun di tahun ini, Canon menargetkan menjual 12.000 unit printer laser. Untuk mengejar penjualan itu, Canon telah menghadirkan dua dua produk terbarunya, yakni LBP7100Cn dan LBP7110Cw.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News