kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CapitaLand akuisisi apartemen Ciputra S$ 74,3 juta


Jumat, 08 September 2017 / 22:31 WIB
CapitaLand akuisisi apartemen Ciputra S$ 74,3 juta


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - Pengembang yang berbasis di Singapura, CapitaLand semakin memperkuat eksisensinya di Indonesia. Kehadirannya tidak hanya sebagai operator hotel atau apatemen sewa tetapi juga ekspansi dengan berinvestasi langsung di beberapa proyek apartemen.

Baru-baru ini, CapitaLand melalui unit usahanya The Ascott Limited mengakuisisi apartemen serviced sebanyak 192 unit dari Ciputra Group di kawasan Ciputra World 2 Jakarta Selatan. Ascott akan menggelontorkan investasi sebesar S$ 74,3 juta untuk membeli apartemen sewa yang diberi nama Ascott Sudirman Jakarta.

Ini merupakan bagian dari investasi S$ 300 juta yang disiapkan CapitaLand untuk ekpansi di Indonesia. Pasalnya, saat ini perusahan juga sedang mengembangkan kawasan terpadu pertamanya di Jakarta Pusat The Stature Jakarta dengan investasi S$ 220 juta.

Pasar real estate Indonesia terus berkembang didukung beberapa faktor fundamental seperti pertumbuhan ekonomi yang stabil, urbanisasi yang cepat, meningkatnya konsumsi domestik, meningkatnya kelas menengah dan populasi muda.

"Kami akan terus menggali peluang untuk mengembangkan kehadiran CapitaLand di Indonesia”, kata Ronald dalam keterangan resminya, Jumat (8/9).

Ascott Sudirman merupakan apartemen sewa kedua yang diakusisi CapitaLand dari Ciputra Group. Pada tahun 2015, perusahaan sudah mengambil alih serviced apatement bertajuk Ascott Kuningan di Ciptra World 1 sebanyak 185 unit dengan nilai transaksi yang relatif sama dengan apartemen kedua tadi.

Arthadinata Djangkar, Direktur Ciputra Group mengatakan Ascott Sudirman Jakarta tersebut merupakan bagian dari apartemen tower pertama di Ciputra World 2. Apartemen sewa ini setengah dari total apartemen tersebut. Separuhnya lagi telah mulai dijual sejak tiga tahun yang lalu dan 20 unit diantanya baru diluncurkan pada paruh kedua 2017 ini yang diberi nama The Suites.

"Awal minggu ini kami sudah menandatangani Perjanjian Kerangka Kerja (Framewok Agreement) dengan Ascott Limited. Setelah itu akan ada due diligent tiga sampai enam bulan baru bisa kami masukkan ke marketing sales. Mereka adalah partner lama kami yang memiliki spesialis di serviced apartment," kata Arta pada KONTAN, Jumat (8/9).

Arta bilang, akuisisi pertama yang dilakukan Ascott adalah separuh dari total unit di satu apartemen di Ciputra World 1 dan sudah beroperasi. Sementara Ascott Sudirman Jakarta baru akan beroperasi tahun 2018. Selain itu, Ciputra Group juga sudah bekerjasama dengan Ascott sejak tahun 1996 untuk mengoperaskan Somerset Grand Citra Jakarta.

CapitaLand memiliki daftar riwayat bisnis selama 22 tahun di Indonesia dan telah mengelola 16 serviced residences hingga sekarang dengan total sekitar 3.000 unit apartemen yang tersebar di enam kota. Adapun proyek kawasan terpadu pertama yang dibangun yakni The Stature ditargetkan baru akan rampung pada 2020.

The Stature Jakarta dikembangkan CapitaLand dan pengembang lokal Credo Group melalui usaha bersama yang dibentuk pada 2014. Dengan total luas area sekitar 55.500 meter persegi, pembangunan The Stature terdiri dari Stature Residences, Apartemen Serviced Ascott Menteng Jakarta 151 unit, dan gedung perkantoran Stature Tower.

Selain dua proyek tersebut, CapitaLand sudah mendapatkan kontrak untuk mengoperasikan serviced apartemen bertajuk Citadines Canggu Bali di Seminyak. Serviced residence ini akan menyediakan 230 unit yang terdiri dari studio dengan satu dan dua kamar tidur apartemen dan ditargetkan akan selesai dibangun pada tahun 2020.

Chief Executive Officer Ascott, Lee Chee Koon mengatakan pasokan serviced residences dengan kelas internasional semakin meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan dari ekspatriat dan wisatawan karena lebih banyak perusahaan multinasional mendirikan kantor di Indonesia.

Pemerintah Indonesia telah menyelesaikan rencana dalam membangun jaringan kereta api nasional yang akan menawarkan perjalanan mulus antara kota-kota serta kawasan industri dan pariwisata. Diberitakan sebagai proyek kereta api yang paling luas di negara ini, hal itu diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang mana ini akan berdampak pada permintaan akomodasi dari pebisnis dan wisatawan.

“Kami melihat potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia melalui merek Ascott, Citadines dan Somerset yang telah ada, dan juga untuk membawa merek millennial kami ke negara ini. Indonesia tetap menjadi pasar utama bagi kami di Asia Tenggara dimana kami akan terus berkembang. Selain Indonesia, Ascott juga merupakan operator serviced residence terbesar di lima negara Asia Tenggara lainnya, yaitu Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina dan Thailand." kata Lee Chee Koon.

Lee menambahkan, dalam beberapa tahun ke depan Ascott berencana membuka enam serviced residence lagi di Jakarta, Bandung, Karawang dan Yogyakarta yakni Ascott Menteng Jakarta, Somerset Kencana Jakarta, Somerset Sudirman Jakarta, Citadines Kings Bandung, Citadines Festive Walk Karawang dan Citadines Punaka Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×