kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dampak insentif PPnBM terhadap penjualan Astra Daihatsu Motor (ADM)


Kamis, 01 April 2021 / 18:58 WIB
Dampak insentif PPnBM terhadap penjualan Astra Daihatsu Motor (ADM)
ILUSTRASI. Harga mobil bekas Daihatsu Terios mulai Rp 160 jutaan, intip spesifikasinya


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil berkapasitas di bawah 1.500 cc sudah berlaku selama satu bulan. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku salah satu Agen Pemegang Merek (APM) turut angkat bicara terkait implementasi insentif tersebut.

Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, belum bisa membeberkan data penjualan mobil Daihatsu yang mendapat insentif PPnBM pada bulan Maret silam. Terlebih, ia mengaku, biar bagaimana pun tetap diperlukan waktu untuk meningkatkan penjualan mobil pasca pemberian insentif lantaran produksi tidak bisa langsung naik.

Terlepas dari itu, dia menyebut bahwa permintaan terhadap produk mobil Daihatsu meningkat dua kali lipat semenjak kebijakan diskon PPnBM berlaku. “Demand model-model yang dapat insentif pajak naik tinggi dua kali lipat dari demand di bulan Februari,” kata dia, Kamis (1/4).

Dalam catatan Kontan, Manajemen ADM pernah menyebut bahwa terjadi peningkatan jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak dua kali lipat pada periode 1-17 Maret 2021. Terdapat empat model Daihatsu yang menikmati relaksasi PPnBM 0% dari pemerintah, antara lain Xenia, Terios, Grand Max MB, dan Luxio.

Baca Juga: Perluasan kebijakan relaksasi PPnBM diharapkan makin memperkuat industri otomotif

Dari keempat model mobil tersebut, terjadi kenaikan SPK sebanyak 233% dari periode sebelumnya. Adapun persentase peningkatan SPK tertinggi diraih oleh model Terios yakni sebanyak 253%, SPK Xenia naik 220%, SPK Luxio naik 197%, dan SPK Grand Max MB naik 194%.

Amelia menyampaikan, ADM belum akan melakukan perubahan mendasar terkait strategi penjualan mobil di bulan-bulan selanjutnya. Pihaknya akan tetap rutin melakukan promosi dan penjualan mobil secara virtual.

Kontan.co.id mencoba menghubungi dealer mobil Daihatsu yang berada di Depok lewat telepon. Para pelanggan memang sudah bisa menikmati penurunan harga mobil Daihatsu seiring kebijakan relaksasi PPnBM, baik ketika membeli produk tersebut secara cash maupun angsuran.

Customer Services yang dihubungi Kontan.co.id bilang, salah satu contoh manfaat yang dirasakan konsumen berkat adanya insentif PPnBM adalah penurunan angsuran bulanan sekitar Rp 300.000 ketika membeli mobil Daihatsu Xenia.

Selanjutnya: Ada relaksasi PPnBM 0%, penjualan mobil sejumlah APM tumbuh signifikan di Maret 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×