kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   11.000   0,75%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%

Dampak RED II bisa ganggu ekspor CPO, DMSI: Ada pasar dalam negeri


Minggu, 27 Januari 2019 / 18:20 WIB
Dampak RED II bisa ganggu ekspor CPO, DMSI: Ada pasar dalam negeri


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Uni Eropa akan mengimplementasikan kebijakan yang berpotensi mengurangi perdagangan bahan bakar nabati bersumber sawit pada Februari depan.

Namun demikian, pengusaha yakin Indonesia tidak harus khawatir karena masih ada pasar lebih besar terutama dari dalam negeri.

Direktur Eksekutif Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Sahat Sinaga menjelaskan, implementasi regulasi tersebut bisa menyebabkan ekspor biodiesel Indonesia di kisaran 3 juta ton setahun jadi berkurang.

Padahal, dalam RED II ini juga menetapkan bahwa dalam periode tahun 2020-2030, UE wajib memenuhi 32% kebutuhan energinya dari sumber terbarukan. Artinya, UE tetap membutuhkan sumber bahan bakar nabati, namun tidak boleh dari sawit.

"Kita tidak setuju dengan kontroversi parameter yang mereka lakukan. Tapi apakah Indonesia mati dengan mereka tidak beli ke kita, juga tidak karena kita sudah ada ada program energi hijau sendiri," jelas Sahat kepada Kontan, Minggu (27/1).

Dalam catatannya, volume ekspor minyak kelapa sawit (CPO) dan pada Eropa untuk tahun 2018 lalu diperkirakan mencapai 4,2 juta ton di mana sebanyak 75% adalah untuk bahan biodiesel. Sedangkan sisa 25% untuk kebutuhan pangan.

Bila UE benar-benar mengimplementasikan kebijakan tersebut maka ekses di kisaran 3 juta CPO yang biasanya diolah Eropa menjadi biodiesel bisa diserap ke pasar dalam negeri.

Ingat saja, Indonesia sendiri sedang membangun roadmap energi hijau dengan membangun kilang green energy di Plaju, Dumai dan Cilacap.

"Pilot project sudah berjalan di Plaju, Maret nanti di Dumai, Agustus di Cilacap untuk avtur dan 2020 nanti kita akan full speed gunakan bahan baku itu nabati untuk gantikan fosil," kata Sahat.

Memang, dalam catatan Kontan, PT Pertamina dan Institut Teknologi Bandung (ITB) akan mulai CPO menjadi BBM hijau alias green gasoline.

Tapi bukan berarti Indonesia akan sepenuhnya keluar dari bahan baku mineral berbasis fosil. Apalagi menimbang pertumbuhan lahan sawit dan produksi CPO belum tentu bisa memenuhi skala bahan bakar nabati hingga 100%.

Oleh karena itu, Sahat melihat implementasi dari RED II oleh Eropa ini sejatinya tidak akan berdampak negatif pada perdagangan sawit Indonesia dan justru akan menjadi beban berat bagi Eropa.

"Eropa sebenarnya mengunci dirinya sendiri, mereka masih diwajibkan pemenuhan 32% dari pangan tapi tidak boleh sawit, padahal biaya pengolahan minyak rapeseed dan sunflower lebih mahal daripada sawit," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×