kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dewan Energi Nasional ingatkan tidak buru-buru transisi ke energi terbarukan


Rabu, 04 Agustus 2021 / 12:03 WIB
Dewan Energi Nasional ingatkan tidak buru-buru transisi ke energi terbarukan


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemerintah Indonesia diminta tidak perlu buru-buru melakukan transisi energi dari energi fosil dan energi terbarukan. Meski proses tetap dilakukan, pembangkit fosil tidak serta merta dimatikan sebelum ada sumber lain yang jelas terbukti.

Hal itu diungkapkan, anggota Dewan  Energi Nasional, Herman Darnel Ibrahim. Menurut Herman, Indonesia belum mencapai puncak penggunaan energi.  Indonesia juga berbeda dengan negara di Eropa dan Amerika Serikat. “Mereka sudah mencapai puncak dan sekarang transisi,” kata Herman, dalam webinar Dampak Regulasi EBT Terhadap Ketahanan Energi Nasional, awal pekan ini.

Herman melanjutkan, Indonesia masih membutuhkan berbagai pembangkit saat ini, termasuk PLTU batubara, demi menggerakkan perekonomian nasional. Sampai ada sumber energi yang bisa menggantikan pasokan dari pembangkit saat ini, Indonesia jangan buru-buru berencana menghentikan operasi pembangkit sekarang. 

“Jangan sampai terjebak. Sudah terlanjur mematikan PLTU, ternyata pembangkit EBT tidak siap,” kata dia.

Baca Juga: PLTS Terapung Cirata akan menjadi revolusi pengembangan EBT di dalam negeri

Herman mengingatkan, pembangkit fosil masih mendominasi pasokan energi di Eropa dan Amerika. Meski naik, pembangkit EBT masih rendah kontribusinya dalam penyediaan energi di Eropa dan Amerika. 

Penyebab utama kondisi itu adalah sifat intermitten pembangkit EBT. Pembangkit surya dan angin, yang disebut paling efisien dibanding EBT lain, belum selesai dengan masalah ini. Sebab, energi dari pembangkit angin dan surya tidak bisa terus menerus tersedia.

PLTS hanya bisa menghasillkan daya jika mendapat sinar matahari memadai. Sementara polusi, iklim, dan siklus siang-malam membuat sinar matahari tidak bisa terus tersedia. PLTB pun kurang lebih sama. “Dengan teknologi sekarang, persoalan ini (intermitten) tidak akan selesai,” kata dia.

Dunia membutuhkan teknologi baru untuk meningkatkan kemampuan baterai menyimpan energi.  Jika kapasitasnya bisa ditingkatkan, maka persoalan ini bisa diselesaikan.

Baca Juga: PLTS Terapung Cirata membutuhkan investasi sebesar US$ 145 juta




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×