kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ditargetkan rampung Mei 2022, begini perkembangan terkini proyek RDMP Balongan


Rabu, 22 September 2021 / 16:51 WIB
Ditargetkan rampung Mei 2022, begini perkembangan terkini proyek RDMP Balongan
ILUSTRASI. Pemancangan perdana proyek Pertamina RDMP RU VI Balongan Fase 1.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertamina melalui induk usaha Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) terus memacu proyek Refinery Development Master Plan (RDMP).

Salah satu unit yang tengah mengalami tahap pembangunan kilang adalah RDMP Balongan, yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Hingga September 2021, tahapan Engineering, Procurement, and Construction (EPC) RDMP Balongan Fase ke-1 telah mencatat angka 30,43% dari target 29,77%.

"Capaian EPC dari RDMP Balongan terutama ditunjang dengan percepatan konstruksi, dimana saat ini konstruksi sudah terealisasi sebesar 36,22%. Angka ini cukup jauh melampaui target yang ditetapkan sebesar 28.159 %,” jelas Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical Pertamina, Ifki Sukarya dalam keterangan resmi, Rabu (22/9).

 Ifki melanjutkan bahwa di bulan September 2021, RDMP Balongan Pertamina  sudah memulai proses konstruksi untuk Mechanical & Piping.

Baca Juga: Rekrutmen Pertamina September 2021, terbuka untuk lulusan D3

Guna memastikan tahapan proyek RDMP Balongan berjalan sesuai target, Pertamina melalui Kilang Pertamina Internasional telah menerapkan sejumlah strategi termasuk strategi kontrak Dual Feed Competition (DFC).

DFC merupakan strategi kontrak yang menandingkan dua atau lebih praktek Front End Engineering Design atau FEED. Dengan strategi tersebut, kajian dan eliminary planning proyek dapat dilakukan lebih awal tepatnya dalam fase FEED.

"Dengan strategi DFC yang kami terapkan, kedatangan material, progress construction civil (piling, foundation work, dan steel structure), piping fabrication dapat dilakukan lebih cepat dari planning," tegas Ifki.

Progres positif proyek RDMP Balongan ditunjang oleh milestones terdahulu termasuk revamping fasilitas penyulingan minyak mentah (Crude Distillate Upgrading / CDU) pada bulan Februari 2021, maupun penyelesaian dokumen proses, mechanical dan civil engineering yang sudah rampung 100% pada Agustus 2021.

“Dengan kemajuan konstruksi yang cukup pesat ini, harapan kami target penyelesaian proyek pada Mei 2022 dapat tercapai," ujar Ifki Sukarya.




TERBARU

[X]
×