kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45860,69   -0,62   -0.07%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.42%
  • RD.CAMPURAN -0.06%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Dorong kendaraan listrik, PLN resmikan SPKLU di empat kota


Senin, 28 Oktober 2019 / 22:55 WIB
Dorong kendaraan listrik, PLN resmikan SPKLU di empat kota
ILUSTRASI. Pertamina Green Energy Station: Model berpose di depan mobil-mobil listrik saat peresmian Pilot Project Pertamina Green Energy Station (GES) di SPBU Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (10/12). Pertamina menghadirkan empat unit charging station dimana dua un

Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Infrastruktur penunjang kendaraan listrik terus disiapkan. Untuk itu, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) secara serentak meresmikan sembilan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di empat kota, yakni Tangerang, Bali Selatan, Jakarta dan Bandung.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, pembangunan SPKLU itu sebagai implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Progam Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Hingga tutup tahun nanti, Inten menargetkan akan ada 10 SPKLU yang sudah beroperasi.

"Total ada 9 unit SPKLU yang kita launching. Hingga akhir tahun kira-kira ada satu unit (tambahan), jadi 10 SPKLU," kata Inten saat launching SPKLU di Aeon Mall BSD, Serpong, Senin (28/10).

Baca Juga: PLN tak lagi ngotot harga batubara US$ 70 per ton diperpanjang, ini alasannya

Inten bilang, pihaknya akan terus memperbanyak infrastruktur pengisian daya supaya bisa mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik. "Sehingga masyarakat yang ingin berinvestasi di kendaraan listrik tidak perlu khawatir, kita akan menyiapkan SPKLU-nya," ungkap Inten.

Terpisah, Executive Vice President Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN Edison Sipahutar memaparkan, 10 SPKLU yang akan beroperasi tahun ini tersebar sebanyak 2 unit SPKLU di kantor UID Jakarta, 1 unit SPKLU di PLN Pusat, 1 unit SPKLU di Senayan City, 1 unit SPKLU di kantor UP3 Bulungan, 2 unit SPKLU di AEON Mall, 1 unit SPKLU di Denpasar, dan 2 Unit SPKLU di Bandung.

Edison bilang, pengisian daya kendaraan listrik ini tidak hanya ditunjang oleh SPKLU, melainkan juga dengan ketersediaan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Hingga saat ini, Edison menyebut ada sekitar 7.300 unit SPLU yang tersebar di 3.800 titik di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Kilau emas sedikit meredup karena kemajuan perundingan AS-China dan jelang FOMC

"Realisasi penjualan listrik untuk SPLU hingga kuartal III (2019) 3.375 mwh," kata Edison ke Kontan.co.id, Senin (28/10).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing

[X]
×