kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong Pelestarian Lingkungan, Grup MIND ID Lakukan Aksi Penanaman Mangrove


Jumat, 23 Februari 2024 / 12:05 WIB
Dorong Pelestarian Lingkungan, Grup MIND ID Lakukan Aksi Penanaman Mangrove
ILUSTRASI. Penanaman Mangrove MIND ID.


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani

KONTAN.CO.ID - Sebagai upaya pelestarian lingkungan, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID melalui anggotanya telah melaksanakan beberapa program penanaman mangrove.

Baru-baru ini, Grup MIND ID, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) ikut serta dalam penanaman serentak mangrove di seluruh Indonesia bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Salah satu lokasi penanaman serentak itu adalah di Kawasan Ekowisata Mangrove Cuku Nyinyi di Desa Sidodadi, Lampung. Desa Sidodadi adalah desa binaan PT Bukit Asam Tbk Unit Pelabuhan Tarahan.

"Kegiatan tersebut sejalan dengan visi Grup MIND ID PT Bukit Asam Tbk yang ingin menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan," kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf dalam keterangan yang diterima KONTAN, Jumat (23/2).

Dalam kegiatan yang sekaligus sebagai perayaan Hari Lahan Basah Sedunia (World Wetlands Day) itu, PT Bukit Asam Tbk dan KLHK menanam sebanyak 30.000 bibit mangrove secara serentak di seluruh Indonesia.

Sejauh ini, PT Bukit Asam Tbk telah menanam 20.000 bibit mangrove di Desa Sidodadi. Hingga akhir 2024, telah ditargetkan penanaman 50.000 bibit mangrove di areal seluas 10 hektare.

Penanaman mangrove menjadi salah satu upaya perusahaan dalam menjaga lingkungan karena dapat meningkatkan fungsi ekologis hutan mangrove sebagai sumber keanekaragaman biota akuatik dan nonakuatik.

Baca Juga: Deretan Local Heroes Grup MIND ID yang Sukseskan Beragam Program

Mangrove bermanfaat mencegah abrasi, mengurangi pemanasan global, dan menjaga sistem penyangga kehidupan.

Selain penanaman bibit mangrove bersama KLHK, PT Bukit Asam Tbk juga konsisten melakukan upaya konservasi terumbu karang di Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

PT Bukit Asam Tbk juga mereklamasi area bekas pertambangan seluas 2.146,83 hektare di sepanjang 2022.

Adapun Grup MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (Antam)  melakukan upaya pelestarian lingkungan melalui program penanaman 4,99 juta pohon di lahan bekas tambang seluas 4.541 hektare, daerah aliran sungai (DAS), dan area pesisir.

Sedangkan Grup MIND ID, PT Freeport Indonesia (PTFI) sukses menanam 2,6 juta mangrove di area lahan seluas 450 hektare. Selanjutnya, Grup MIND ID, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) juga telah melakukan penanaman 616 ribu bibit pohon selama 2022.

Hal yang sama juga dilakukan Grup MIND ID, PT Timah Tbk yang melakukan penanaman 18.100 bibit pohon mangrove di beberapa wilayah operasional yang tersebar di Bangka-Belitung.

PT Timah Tbk juga berhasil mengembangkan Kampoeng Reklamasi Air Jangkang menjadi wilayah destinasi wisata di Pulau Bangka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×