kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.455.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.207   -17,00   -0,11%
  • IDX 7.712   -30,55   -0,39%
  • KOMPAS100 1.198   4,90   0,41%
  • LQ45 978   5,14   0,53%
  • ISSI 227   0,30   0,13%
  • IDX30 501   4,34   0,87%
  • IDXHIDIV20 605   4,90   0,82%
  • IDX80 137   0,59   0,43%
  • IDXV30 141   0,58   0,41%
  • IDXQ30 168   1,24   0,75%

Dua ATPM Raksasa Jepang Masih Merajai Penjualan Sedan Nasional


Selasa, 27 Januari 2009 / 07:38 WIB


Reporter: Ali Imron | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Dua Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Jepang masih merajai segmen sedan di Indonesia. Kedua ATPM itu adalah Astra Honda Motor (AHM) dan Toyota Astra Motor (TAM). Pada penjualan mobil sedan 2008, mereka berhasil menjadi market leader di masing-masing kelas sedan.

Setidaknya, ada tiga kelas sedan yang dikuasai. Pertama, adalah kelas sedan mini. Di kelas ini, sepanjang 2008 penjualan sedan mini kedua ATPM mencapai 13.381 unit. Angka tersebut naik sekitar 9,4% atawa sekitar 12.224 unit pada 2007. Untuk segmen ini, Honda City berhasil melepas sekitar 4.330 unit. "Market share kami sekitar 16% dan menjadi market leader," kata Yulian Karfili, Corporate Communication AHM, Senin (26/1) di Jakarta.

Sementara, Toyota Vios harus puas di posisi dua dengan penjualan 6.098 unit dan market share sebesar 22%. Di posisi ketiga ada Suzuki Baleno dengan tingkat 2.038 unit dan market 7 %. Sedangkan sisanya, ada Chevrolet Kalos 569 unit dengan pangsa pasar 2% dan Proton Waja serta Gen Persona 252 unit atau pangsa pasar 1%.

Kedua adalah kelas small class sedan. Sepanjang 2008 lalu, penjualan kelas small sedan berhasil menembus angka 6.429 unit. Penjualan tersebut naik sekitar 36% dibanding tahun sebelumnya yang hanya mencapai 4.711 unit. Untuk segmen ini, Honda Civic menjadi market leader dengan penjualan 2.987 unit sekaligus meraih market share sebesar 11%.

Posisi kedua adalah Toyota Altis dengan penjualan sebanyak 2.884 unit dan pangsa pasar 11%. Berikutnya ada Mitsubishi New Lancer dengan tingkat penjualan 216 unit alias 1% pangsa pasar. Dan posisi ketiga ada Chevrolet Optra dengan penjualan 140 unit alias menggenggam 1% pasar.

Ketiga adalah medium class sedan. Penjualan kelas medium sedan juga mencatatkan kenaikan yang signifikan. Pada 2008, penjualannya mencapai 7.380 unit. Angka tersebut mengalami kenaikan 52% bila dibandingkan dengan 2007 yang mencatatkan penjualan sebanyak 4.845 unit.

Di kelas ini, Toyota Camry berhasil menduduki posisi teratas dengan penjualan 3.190 unit atau menggenggam 12% pasar. Sementara Honda New Accord harus puas di posisi berikutnya dengan penjualan 2.170 unit atau menggenggam 8% pasar. Sedangkan Mercedes Benz C Class berada di posisi berikutnya dengan penjualan 1.375 unit alias 5% pangsa pasar.

Manajer Umum Penjualan Toyota Astra Motor (TAM) Jodjana Jody bilang, porsi pasar mobil sedan nasional sekitar 30.710 unit pada tahun lalu. Jika dibandingkan dengan 2007, angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 33% yang mencatatkan angka penjualan sebanyak 23.000 unit. "Pasar mobil sedan di 2009 bakal mengalami penurunan, malah bisa dibilang penjualan mobil sedan bisa kembali sama dengan 2007," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×