kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,34   9,03   0.99%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elektronik Kesulitan Serap Aturan Labelisasi


Senin, 12 April 2010 / 09:36 WIB
Elektronik Kesulitan Serap Aturan Labelisasi


Reporter: Herlina KD |

JAKARTA. Ketua Gabungan Elektronik Indonesia (Gabel) Ali Soebroto Oentayo mengatakan percepatan peraturan labelisasi ini kemungkinana karena ada beberapa asosiasi yang memang menghendaki. Tapi, Ali mengatakan untuk elektronik kesulitan untuk menyesuaikan dengan aturan ini. "Sebab, kita perlu proses yang lebih panjang," ujarnya.

Sebenarnya, kata Ali, ketetapan Permendag yang sebelumnya sudah cocok dan pas diimplementasikan oleh industri elektronik. Sebab, ia mengatakan waktu penyesuaian dan masa peralihan yang ideal sekitar 1 tahun. "Kalau 6 bulan itu terlalu cepat," imbuhnya.

Karenanya, Ali mengatakan Gabel akan mengajukan surat tanggapan kepada kementerian perdagangan mengenai percepatan peraturan ini. Jika memang tetap diberlakukan, kata Ali, setidaknya industri elektronik akan minta keringanan atau pengecualian agar bisa menerapkan permendag ini dengan masa transisi 1 tahun.

Asal tahu saja, Kementerian Perdagangan akan mempercepat pemberlakuan kewajiban pencantuman label pada produk non pangan yang tercantum dalam Permendag No 62 tahun 2009. Semula Permendag ini akan diberlakukan pada 21 Desember 2010 untuk barang yang belum beredar di pasar. Tapi dengan pemajuan Permendag ini, maka pemberlakuan Permendag No 62 tahun 2009 akan mulai berlaku pada 1 Juli 2010.

Selama enam bulan ini pemerintah akan melakukan sosialisasi kepada industri dan masyarakat terkait dengan peraturan ini. Untuk barang yang sudah beredar di pasar, batas pemberlakuan peraturan ini juga dipercepat menjadi 31 Desember 2011. Bagi produk yang sudah beredar di pasar diberikan waktu selama satu tahun untuk melakukan penyesuaian.

Jumlah produk non pangan yang akan diwajibkan labelisasi sebanyak 103 jenis barang. Terdiri dari 46 jenis barang elektronika keperluan rumah tangga, 9 barang bangunan, 24 barang komponen kendaraan bermotor dan 24 jenis barang lainnya.

Kewajiban pencantuman label ini diberlakukan untuk barang impor maupun produk lokal, sehingga tidak ada diskriminasi. Bagi barang impor ketentuan label dalam bahasa Indonesia berlaku saat memasuki daerah pabean Republik Indonesia.

Tapi ketentuan pencantuman label dalam Bahasa Indonesia ini dikecualikan bagi barang yang dijual dalam bentuk curah dan dikemas secara langsung di hadapan konsumen. Selain itu, ketentuan label ini juga tidak berlaku bagi keperluan kendaraan bermotor atau suku cadang yang diimpor oleh produsen sebagai bahan baku atau bahan penolng terkait dengan produksi dengan syarat mengajukan permohonan kepada dirjen perdagangan dalam negeri, dalam hal ini direktur pengawasan barang beredar dan jasa kementerian perdagangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×